Semarak Korean Festival untuk Datangkan Wisman ke Batam

*Disbudpar Batam *- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan Korean Festival 2022 di Grand Batam Mall, Minggu (5/6/2022). Beragam acara seperti penampilan busana Korea, tarian dan nyanyian serta kuliner Korea turut memeriahkan kegiatan tersebut.

“Saya harap kegiatan ini menjadi daya tarik bagi wisman (wisatawan mancanegara), terutama asal Korea ke Batam,” ujar Ardiwinata.

Disebutkannya, pada tahun 2019 sebanyak 1.947.943 wisman ke Kota Batam dan 30.097 dari kunjungan itu berasal dari Korea Selatan. Capaian tersebut membuat Batam menjadi penyumbang wisman terbesar kedua setelah Bali.

“Saya yakin lewat kegiatan ini akan dapat meningkatkan kunjungan wisman Korea ke Batam,” ucapnya.

Ardi berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dan dibuat lebih menarik lagi dengan berbagai lomba, seperti bahasa Korea dan makanan.

“Tak hanya kebudayaan Korea saja, jangan lupa kebudayaan sendiri. Batam adalah tanah Melayu,” pesannya.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengembangkan infrastruktur Batam dalam konsep kepariwisataan. Seperti jalan sudah berubah dalam lima tahun belakang ini dan untuk akses udara saat ini bandara sedang dalam pengembangan bekerjasama dengan Incheon, Korea.

“Sebentar lagi mau ke Korea tak perlu lewat Jepang karena Bandar Udara Internasional Hang Nadim sebentar lagi punya terminal yang bisa direct flight ke Korea,” terangnya.

Ketua Panitia Korea Festival 2022, Bobi menyampaikan kegiatan ini digelar untuk menyalurkan bakat, seperti dance dan lagu Korea. Ia berharap kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Kota Batam.

“Semoga kedepan kita bisa kembali menggelar kegiatan yang meriah lagi,” pungkasnya.