Kedai Kopi Ameng Belakang Padang Perkaya Destinasi Wisata Kuliner

Disbudpar Batam, Rindu dengan Ameng Kopi Belakang Padang? Tak perlu jauh-jauh karena kedai kopi Ameng Belakang Badang koni telah hadir di Kota Batam, tepatnya di lokasi ruko Summercoaat Tiban V, Sekupang Batam.
Grand opening kedai kopi yang telah berdiri sejak tahun 1980 ini dihadiri Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Kepri, Kadis. Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, Kadis. Lingkungan Hidup serta Kadis. Perakimtan pada Rabu, 6/6/2022.

Atas nama Pemerintah kota Batam Amsakar menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran Ameng kopi di Batam. Menurutnya kehadiran Ameng Kopi setidaknya memberikan tiga hal penting bagi Batam. Selain memberikan kontribusi dan dukungan terhadap pariwisata Batam, diharapakan dengan kehadiran Ameng kopi juga dapat menjadi peluang kerja bagi masyarakat Batam dan bisa menjadi pemicu semakin menghidupkan geliat ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah Tiban.
“Selamat dan sukses atas grand opening Ameng Kopi, semoga kehadirannya dapat menjadi peluang kerja yang baik bagi masyarakat dan memberikan kontribusi terhadap pariwisata Kota Batam,” sebutnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kehadiran kedai kopi Ameng Belakang Padang di Batam ini dapat menjadi daya tarik bagi pariwisata Batam khususnya wisata kuliner.
“Karena secara tidak langsung ada budaya dan kearifan lokal yang diangkat dalam menu makanan dan minuman yang dijual di Kopi Ameng ini,” ujarnya.

Katanya lagi, melalui kuliner kita dapat mengenalkan kebudayaan dan mempromosikan sebuah daerah.
Misalnya, kalau disebut rendang kita pasti langsung teringat dengan padang, pecal dengan jawanya.
Ditambahkan mantan Kabag. Humas ini di Batam sebelumnya juga telah memiliki beberapa restoran yang mengangkat kuliner khas Melayu, diantaranya Teh Tarik Belakang Padang Melawa,Teh Tarik Radja dan sebagainya.

Selain menyajikan minuman kopi yang merupakan khas dari kedai kopi Ameng Belakang Padang, berbagai makanan dan minuman khas Melayu juga disajikan di kedai kopi Ameng Batam ini, kata pemiliknya yang populer dikenal dengan sebutan Ameng.
“Kita juga menyediakan teh tarik, mie laksa, mie lendir, nasi briyani, prata, nasi dagang dan makanan khas Melayu lain,” jelasnya.