Wisata Kuliner, Batam Holiday Spot Jadi Pilihan Pengunjung

SUDUTBATAM.COM – Batam Holiday Spot menjadi pilihan warga berwisata kuliner saat libur panjang di Batam.

Berbagai kuliner tersaji di bazar kuliner yang dipusatkan di Dataran Engku Putri tersebut.

“Alhamdulillah, pengunjung ramai dan hingga hari ini, hari terakhir, ribuan pengunjung memenuhi Batam Holiday Spot,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, Minggu 12 Mei 2024.

Batam Holiday Spot sendiri menyajikan kuliner tradisional dan kekinian yang memanjakan para wisatawan berburu kuliner khas nusantara.

Ardiwinata mengungkapkan, sejumlah wisatawan juga ikut berbaur bersama warga saat berburu kuliner.

“Beberapa rombongan wisatawan ikut berburu kuliner di Batam Holiday Spot. Ini bagian dari upaya Batam memudahkan wisatawan untuk berwisata kuliner,” katanya.

Di Batam Holiday Spot sendiri terdapat 70 tenant yang menyajikan berbagai kuliner di antaranya, sari tebu, hot squid gurita bakar, dapur ibu, dan berbagai kuliner lainnya.

“Dalam pegelaran Batam Holiday Spot juga digelar lomba tari tradisional nusantara dan lomba mewarnai.

Bazar ini juga menampilkan hiburan Heira Band dan Malaykustik,” ujarnya.

Ardiwinata mengungkapkan, dengan banyaknya bazar kuliner, ia berharap mampu membantu menghidupkan pelaku UMKM dan menggerakkan roda perekonomian.

“Penyelenggaraan bazar kuliner menjadi salah satu penomena dalam meningkatkan ekonomi Batam, bahkan pada 2023 memiliki andil penting hingga Batam pertumbuhan ekonomi mencapai 7,04 persen,” katanya.

Untuk diketahui, capaian pertumbuhan ekonomi Batam pada 2023 itu terjadi peningkatan dibandingkan pertumbuhan ekonomi Batam pada 2022 yang diangka 6,84 persen.

Bahkan, capaian pada 2023 ini, melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri di angka 5,2 persen dan nasional di angka 5,05 persen.

Adapun, penomena ekonomi Batam pada 2023, terjadi peningkatan subsektor penyedia makan minum pada tahun 2023 sejalan dengan banyaknya restoran atau tempat makan baru yang dibuka di Kota Batam seperti Deโ€™Sands Santorini of Batam, Yoshinoya, Marugame Udon, dan banyaknya franchise makanan lainnya yang membuka cabang baru di Kota Batam seperti Mixue dan lain-lain.

Selain itu, banyaknya event bazar makanan yang diadakan di Kota Batam juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada subsektor ini.

“Dengan banyaknya bazar kuliner di Batam selain meningkatkan kunjungan wisatawan, juga meningkatkan ekonomi Batam 2024,” katanya.***

DD