Masjid Agung Raja Hamidah Batam Center Telah Dibuka Kembali, Menambah Daya Tarik Wisata Religi

Disbudpar Kota Batam – Masjid Agung Raja Hamidah di Batam Center resmi dibuka kembali setelah proses revitalisasi besar-besaran, pada Minggu (15/9) malam.

“Alhamdulillah, masjid agung kita kini telah diberi nama Masjid Agung Raja Hamidah oleh Bapak Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi. Dengan peresmian ini, kami yakin masjid ini akan menambah daya tarik wisata Batam, terutama dalam sektor wisata religi,” ujar Ardiwinata, Senin (16/9/2024).

Ia juga mengungkapkan antusiasme dari wisatawan tak hanya datang dari wisatawan lokal namun juga mancanegara. Beberapa juga telah mengajukan permintaan untuk menyelenggarakan berbagai acara religi di masjid ini.

“Sebelum kemarin dibuka secara resmi pada malam hari ini, tentunya saya mendapat beberapa request dari saudara-saudara kita di singapura dan malaysia yg menanyakan tentang masjid agung ini,” imbuhnya. 

Beberapa ornamen dari masjid yang lama juga akan dihibahkan ke Museum Batam Ali Haji, sebagai bagian dari upaya pelestarian sejarah.

“Rencana untuk menyediakan jubah dan tour guide agar pengunjung dapat memahami sejarah dan proses renovasi masjid ini tengah dipersiapkan,” kata Ardi.

Menurut Ardiwinata, infrastruktur dan amenitas yang ada di sekitar masjid, seperti jalan yang telah diperlebar dan flyover yang mengurangi kemacetan, turut berperan dalam meningkatkan pengalaman wisata.

“Kami berharap akan ada semarak qurban dan berbagai event religi lainnya di sini. Masjid ini telah dibangun dengan gaya modern yang setara dengan Masjid Sultan Mahmud di Batu Aji, juga menegaskan bahwa Batam adalah kota religi yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Peresmian masjid ini juga menarik perhatian pengunjung dari Singapura, yang telah diinformasikan jauh sebelumnya melalui media sosial mengenai keindahan dan kemegahan Masjid Agung Raja Hamidah, terutama saat malam hari dengan permainan cahaya yang memukau.

Selain itu, Masjid Agung Raja Hamidah juga akan menyambut pengunjung non-muslim. 

Dengan semua upaya ini, Batam diharapkan semakin dikenal sebagai destinasi wisata religi dan pariwisata yang komprehensif.

Batam juga menawarkan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan pusat hiburan yang melengkapi sektor pariwisata.

“Batam kini memiliki berbagai atraksi, termasuk wisata olahraga, budaya, dan alam. Kami terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pariwisata, dan kerukunan serta keharmonisan masyarakat juga berkontribusi pada citra Batam sebagai destinasi wisata,” Tutupnya.

DD