๐”๐ฉ๐š๐œ๐š๐ซ๐š ๐๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ ๐š๐ญ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข ๐‰๐š๐๐ข ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐ค๐ž-๐Ÿ๐Ÿ—๐Ÿ’, ๐‘๐ฎ๐๐ข ๐”๐ง๐ ๐ค๐š๐ฉ ๐Œ๐š๐ค๐ง๐š โ€œ๐“๐ž๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ฃ๐ฎ ๐Œ๐ž๐ง๐ฎ๐ฃ๐ฎ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ซ๐ฎโ€

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Puncak peringatan Hari Jadi Batam ke-194 ditandai dengan upacara yang dilaksanakan di Dataran Engku Putri. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Rudi mengatakan pada 18 Desember 2023 Batam genap berusia 194 tahun. Hal itu berdasarkan surat perintah yang Dipertuan Muda Riau Lingga kepada Raja Isa Ibni Raja Ali sebagai pemegang perintah atas Nongsa dan sekitarnya pada tarikh 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriyah atau bertepatan dengan 18 Desember 1829.

Tema Hari Jadi Batam ke-194 adalah Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru. Menurut Rudi tema ini mengandung makna bahwa Batam adalah sebuah kota yang harus terus dibangun secara konsisten, komprehensif dan berkelanjutan. Dengan mempertimbangkan kebutuhan pelayanan sosial.

โ€œKegiatan usaha yang kondusif serta kebahagiaan warganya,โ€ kata Rudi, Senin (18/12/2023).

Batam Kota Baru, menggambarkan harapan dan mimpi yang menunjukan Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang modern dan sejahtera. Kota Batam adalah kota metropolitan, dengan kemajemukannya berkumpul begitu banyak individu dari berbagai suku, agama dan latar belakang pendidikan serta berkumpul juga dunia usaha saling berkontribusi untuk memajukan Kota Batam.

โ€œBatam Baru adalah kota yang dipenuhi oleh pribadi yang tangguh, bekerja keras dan terus berinovasi serta memiliki tekad yang kuat. Karena itulah kita harus optimistis saling berkolaborasi membangun Kota Batam,โ€ ujarnya.

Pembangunan kata Rudi bukan saja oleh Pemko Batam atau BP Batam, tapi semua pihak dalam memajukan Kota Batam. Berada pada wilayah yang strategis Batam harus berani melangkah dan memiliki kemampuan bersaing secara internasional.

Kebijakan pemerintah pusat melalui Permen Koodinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2023 mengenai penetapan Eco-City sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Merupakan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi peningkatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Batam.

โ€œPada kesempatan yang berbahagia ini kami sampaikan bahwa dalam rangka pengembangan Kawasan Rempang Eco-City pada 8 Desember 2023 telah ditetapkan Pepres No. 78,โ€ katanya.

Turut hadir langsung dalam upacara Hari Jadi Batam ke-194, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Sekda Kota Batam Jefridin, Kepala Forkompimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam