Pemerintah Gesa Penyempurnaan Batam Smart City

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggesa menyempurnakan Batam Smart City dengan menggelar Rapat Persiapan Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II.

“Untuk penyempurnaan Batam smart city ini terus digesa dan terus dikoordinasikan dengan semua OPD dan instansi terkait di Kota Batam,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan, saat memimpin Rapat Persiapan Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II di Kantor Wali Kota Batam, Senin (16/10/2023).

Ia mengatakan, program Smart City merupakan upaya inovatif dalam menyelesaikan persoalan. Kemudian, pengembangannya, akan pemanfaatan internet sebagai penunjang untuk mengumpulkan data agar dapat mengelola aset dan potensi yang ada di Kota Batam.

“Perkembangan teknologi informasi komunikasi dengan beberapa perangkat digital mampu menjadi penghubung pemerintah dan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat saat cepat terlayani dan tepat sasaran,” katanya.

Bahkan, dengan konsep Smart City, pemerintah mampu memantau infrastruktur dan peristiwa secara real time. Dengan begitu, pemerintah dapat dengan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.

“Di sisi lain, masyarakat merasakan kemudahan. Pengembangan Smart City ini diharapkan dapat menjadi wadah strategis semua stakeholder dan dapat diimplementasikan secara maksimal,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo yang sudah memilih Batam masuk 50 daerah menerapkan program Smart City tersebut. Ia menambahkan, Pemko Batam sebelumnya telah mengikuti seleksi smart city yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo secara administrasi, presentasi, hingga wawancana.

“Dengan proses itu, Batam masuk 1 dari 50 daerah yang menerima program ini,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, sejak 2017 hingga 2021 Batam mendapatkan peringkat cukup baik dan mampu sejajar dengan kota utama di Pulau Jawa.

“Untuk saat ini sudah memasuki Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II. Semoga dengan adanya evaluasi ini makin menyempurnakan dan penyusunan masterplan Batam Smart City,” ujarnya.

Evaluasi ini diikuti semua OPD di lingkungan Pemko Batam demi menindaklanjuti surat Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Nomor: B1004/DJAI/AI.01.02/09/2023 tanggal 11 September 2023 tentang Undangan Evaluasi Tahap II Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023.

“Sejumlah pemaparan dari OPD sudah menunjukkan kemajuan dan bahkan beberapa inovasi ada yang baru untuk dituangkan dalam masterplan ini,” katanya.