Jefridin Terima Tim Validasi Lapangan Penilaian Inovasi Daerah Tahun 2023

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam menerima anggota Tim Validasi Lapangan Penilaian Ivonasi Daerah Tahun 2023 di Hotel Harmoni One, Selasa (17/10/2023). Adapun tim penilai yang melakukan Validasi Lapangan Penilaian Inovasi Daerah Tahun 2023, Maria Herlina, M.Si, Analis Kebijakan Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) dan Bimo Cahya, Kepala Departemen News Network Regional Kompas TV.

Kepada tim penilai Jefridin mengucapkan selamat datang di Kota Batam. Katanya, dua inovasi yang dianggap tepat untuk diikutsertakan dalam Penghargaan Innovative Government Award (IGA)

Inovasi non digital Bazar Upcycle Berbuah Rupiah (BUPER). Inovasi Digital Fuel Card 3.0.

“Saya sudah mempresentasikan dua inovasi ini di Kementrian Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Dari 139 inovasi daerah yang dimiliki Pemko Batam dua inovasi ini dianggap tepat untuk kami ikut sertakan dalam penghargaan IGA Tahun 2023,” papar Jefridin.

Inovasi BUPER ini dimulai sejak tahun 2021 yang diperuntukkan bagi tingkat pemula, dilanjutkan ditingkat dasar pada tahun 2022 dan pada tahun 2023 dikembangkan hingga ditingkat menengah. Melalui inovasi BUPER ini peserta didik menjadi karakter yang cerdas, tangguh dan peduli.

“Inovasi ini menjadi salah satu langkah untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Batam. Dengan memanfaatkan limbah menjadi barang yang bernilai ekonomis tentu akan mengatasi setidaknya 30 persen sampah yang kita hasilkan,” ungkapnya.

Sementara inovasi digital dari Fuel Card 3.0 bertujuan agar penyaluran JBT solar untuk Kota Batam lebih tepat sasaran dan tepat volume. Disamping itu juga sebagai salah satu bentuk penyelamatan uang negara mensubsidi JBT solar. Dapat menjaga kuota JBT solar yang diberikan oleh BPH Migas, agar cukup hingga akhir tahun.

“Yang paling penting dengan menggunakan inovasi ini Pemko Batam bisa lebih efektif dan efisien dalam pengendalian dan pengawasan JBT solar. Dengan begitu distribusi JBT solar menjadi tepat sasaran dan tepat volume. Sehingga dapat mencegah terjadinya kelangkaan,” urainya.

Tim penilai disamping menyaksikan pemaparan juga melakukan tanya jawab. Dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke SMP Negeri 42 untuk melihat langsung penerapan inovasi BUPER. Untuk melihat pengaplikasian dari inovasi digital Fuel Card 3,0 ke SPBU Mediterania.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Kota Batam, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Dahlina Nopilawati dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam, Qurniadi. (*)

FacebookTelegramWhatsAppLineCopy LinkSambung