Wujudkan Kepemimpinan Berkemajuan, Amsakar: Intelektualis, Humanitas dan Spiritualitas Harus Seimbang dan Adaptif dengan Zaman

MC Pemko Batam – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad memenuhi undangan PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Batam untuk menjadi pemateri perihal kepemimpinan pada Darul Arqam Madya (DAM) Nasional yang ditaja ortom Muhammadiyah tersebut di Aula Dinas Kepemudaan dan Olahraga(Dispora) Batam, Jumat (6/10/2023) sore.

Di depan para peserta, Amsakar secara spesifik memaparkan perihal Kepemimpinan yang Berkemajuan. Diskusi berjalan interaktif. Amsakar melibatkan para Mahasiswa Muhammadiyah tersebut tidak hanya sebagai pendegar namun juga mitra diskusi.

Peserta tidak hanya diikuti Mahasiswa Muhammadiyah utusan Kota Batam, namun juga dari cabang IMM kota/kabupaten dalam Kepri hingga utusan dari daerah lain, seperti Jakarta hingga Palembang.

“Kepemimpinan berkemajuan memang diperlukan terobosan dari kita semua,” kata Amsakar.

Ia menyebutkan, terobosan tersebut dapat merujuk pada tiga hal yaitu intelektualitas yang mumpuni, standar emosionalitas yang baik serta kecerdasan spiritual yang bagus. Menurutnya, ketiga hal ini mestinya harus ‘matang yang terus diselaraskan dengan kondisi zaman.

“Sepanjang tiga hal ini seimbang, kita akan menjadi pribadi yang unggul,” sebut dia.

Gayung bersambut, ketiga hal ini sejatinya relevan dengan Tri Kompetensi dasar yang dipegang teguh IMM yaitu religiusitas, humanitas dan intelektualitas.

Tidak sekadar teoritis, Amsakar langsung berbagi pengalaman empirik selama 26 tahun mengabdi di Pemko Batam. Dari staf, kepala seksi maupun bidang, kepala dinas hingga kini menjadi wakil kepala daerah dua periode.

“Kita harus memberikan manfaat yang berdayaguna, lebih maju dan mencerdaskan ke depan,” pungkasnya.