Ada Aglonema Golden Hope di Kontes Aroid dan Orchid Batam

Disbudpar Batam- Asosiasi Seni Lanskap Indonesia (Asli) Kota Batam berkolaborasi dengan Batam Aroid Community (BAC) binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar kontes Aroid dan Orchid Batam bertempat di atrium Batam City Square (BCS) Mall Batam, Minggu (4/4/2021). Sebanyak 135 tanaman hias mengikuti kontes kedua ini, salah satunya jenis tanaman Aglonema Golden Hope.

Tanaman aglonema golden hope adalah salah satu tanaman yang cukup mencuri perhatian pengunjung. Tanaman ini hasil silangan dari Gregori Garnadi Hambali atau biasa disapa Greg Hambali.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi atas kembali terselenggaranya kontes tanaman hias di Kota Batam. Sebagi juri ia binggung karena tanaman hias yang ditampilkan menarik dan semua memenuhi persyaratan.

“Saya melihat peserta sangat excited di kontes kedua ini. Hari ini saya menemukan Aglonema Golden Hope, salah satu tanaman hias yang diluncurkan oleh Greg Hambali sebagai Bapak aglonema di Indonesia karena berhasil melahirkan aneka silangan aglonema baru,” katanya.

Adapun ciri khas dari Aglonema golden hope yakni berdaun lebar, warnanya perpaduan kuning, hijau, dan merah. Sejak diluncurkan, aglonema golden hope sangat diburu pencinta tanaman dengan harga ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Ardi berharap kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan sehingga Batam makin dikenal sebagai kota pecinta tanaman hias.
“Saya tantang nantinya Batam punya event Batam Flower Internasional Festival. Muda-mudahan Greg Hambali bisa kita undang,” sebutnya.

Lanjut Ardi, kontes dan pameran bunga ini merupakan salah satu dari 16 sub sektor ekonomi kreatif. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menambah semarak dan semangat di tengah pandemi Covid-19.
“Luar biasa ASLI Kota Batam, dalam dua minggu menyiapkan kegiatan ini, terima kasih kepada sponsor. Hari ini semuanya cantik, bunganya sehat-sehat,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ardi terus mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Ketua BAC Kota Batam, Nita menyebutkan kegiatan ini diikuti 135 tanaman hias dari empat kategori, yakni anthurium, phililodendron, orchid, dan agloneme kelas tunggal. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan lucky draw untuk peserta.

“Ada lucky draw untuk peserta, diantaranya tanaman, pupuk, dan pot,” sebutnya.

Ketua ASLI Kota Batam, Bambang Prihantoro menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam yang terus mendukung kegiatan ASLI Kota Batam. Berbeda dari sebelumnya, kontes kali ini berkolaborasi dengan BAC dan Komunitas Anggrek Batam.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BCS Mall yang telah mendukung terlaksana kegiatan mulai dari pameran tanaman hias dan kontes,” ucapnya.

ASLI akan terus melanjutkan kegiatan ini kepusat perbelanjaan dan destinasi wisata Kota Batam lainnya, dengan harapan untuk menggairahkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up