Batam Wonderfood Ramadhan Kembali Digelar

Dimeriahkan 56 Stand Kuliner dan Atraksi Kesenian Setiap Harinya

Disbudpar Batam- Batam Wonderfood Ramadhan (BWR) ke-2 Tahun 1442 Hijriah diramaikan 56 stand makanan dan minuman serta atraksi kesenian berbeda setiap harinya. Event Ramadhan ini dipusatkan di Taman Dang Anom, tepatnya di Jalan Sudirman, Taman Baloi yang berada di tepi jembatan layang flyover Laluan Madani, Batam Center.

Sebagai informasi kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, berlangsung mulai tanggal 10 April-2 Mei 2021.

Masih seperti tahun sebelumnya, BWR ke-2 tahun ini masih mengusung tema “Jom Balek Kampong”. Sebanyak 56 stand kuliner akan berpartisipasi, terdiri dari 32 stand kuliner Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam, 12 stand UMKM binaan Disbudpar Kota Batam, dan 12 stand yang mewakili 12 kecamatan yang ada di Kota Batam serta coffee corner.

Makanan yang ditampilkan beragam, baik dari makanan tradisional maupun makanan yang lagi hits atau kekinian, yan dirasa cocok untuk nuansa Ramadhan, ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Ardiwinata, Minggu (4/4/2021).

Tak hanya berisikan makanan dan minuman, bazar Ramadhan ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian. “Selain kuliner, nanti juga akan ada bucu budaya, berbagai permainan tradisional, live masak dodol, pameran ikan cupang, pameran lukisan, pameran ikan hias dan sebagainya, terangnya.

Lanjut Ardi, berbagai perlombaan juga bakal digelar, seperti lomba melukis, lomba menyanyi religi. Penyelenggara juga akan menyediakan panggung lengkap dengan sound yang bisa digunakan bagi siapa saja yang ingin ikut memeriahkan, seperti komunitas, paguyuban, dan sebagainya dan pastinya gratis.

“Selain itu juga disediakan mushalla, toilet, sitting area (meja makan). Dan juga paket buka bersama jika ada baik perorangan atau kelompok yang mau berbuka bersama,” ungkapnya.

Fasilitas instagram zone akan dibangun di area acara, agar pengunjung benar-benar merasakan suasana balek kampong.
“Setiap harinya Bazar Ramadhan akan dibuka mulai pukul 15.00-21.00 Wib, ucapnya.”

Dalam kesempatan ini, Ardiwinata mengapresiasi asosiasi pariwisata yang telah menyatakan keikutsertaannya memeriahkan acara tersebut. Asosiasi Seni Lanskap Indonesia (Asli) Kota Batam, Batu Aji Coret-Coret, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Kota Batam, Perhimpunan Rumah Makan Indonesia Kota Batam, musisi, budayawan Kota Batam, dan hotel.

“Alhamdulillah kegiatan ini bakal ada pameran bunga, perlombaan, atraksi budaya,” katanya.

Dipilihnya lokasi Taman yang diresmikan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi karena memiliki beberapa spot foto instagramable, diantaranya sayap burung garuda, menara hias setinggi 11 meter, payung hias serta fasilitas penunjang lainnya sehingga dirasa cocok jadi tempat berswafoto dan berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

“Taman Dang Anom akan jadi tempat yang seru, nongkrong sambil menikmati takjil saat Ramadhan,” terangnya.

Tak hanya itu, taman ini memiliki lampu hias yang dinyalakan sehingga masyarakat Batam bisa melihat suasana Batam yang indah saat malam hari. Ardi menegaskan kegiatan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan menjaga jarak. (*)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up