Gelaran Akbar Batam International Marching & Art Competition (BIMAC) 2024 Resmi ditutup dengan Sukses dan Meriah

Disbubpar Kota Batam โ€“ Acara penutupan Batam International Marching & Art Competition (BIMAC) 2024 berlangsung sukses dan meriah di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Minggu (13/10/2024). Kompetisi yang dihadiri oleh 16 grup dari berbagai institusi, termasuk SMK Sultanah Asma Kedah Malaysia dan Marching Band Gema Karimun, menampilkan berbagai kategori yang memukau.

Dalam sambutannya, Ardiwinata selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, menyampaikan rasa syukur bahwa pelaksanaan BIMAC 2024 berjalan dengan lancar tanpa hambatan, Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini pertama kali digelar di Kota Batam dan InsyaAllah kegiatan ini akan dilaksanakan dua tahun sekali.

Ardiwinata juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi dan juga Bapak Yunus yang mendukung penuh acara ini, serta semua pihak yang mendukung terlaksananya acara ini. “saya mewakili Pjs. Wali Kota Batam, Bapak Andi, menyatakan keberhasilan kompetisi BIMAC ini berkat dukungan semua pihak, termasuk dewan juri dan panitia. Kompetisi ini adalah kesempatan bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat mereka,” ujarnya.

BIMAC 2024 mempertandingkan beberapa kategori, antara lain Street Parade Internasional, Marching Field Show Internasional, dan Drum Battle Internasional. Kejuaraan ini dimenangkan oleh SMA Sultanah Asma Kedah Malaysia di kategori CG Internasional, sementara Simphoni Fortesimo Marching Band berhasil meraih kemenangan di kategori Street Parade Nasional Senior. Marching Band Gita Pratama Gemilang juga mencatatkan prestasi dengan memenangkan tiga kategori lainnya.

Ardiwinata menambahkan, “Seluruh peserta yang mengikuti acara kompetisi ini adalah para generasi muda yang hebat dan luar biasa, bagi peserta yang belum meraih kemenangan, jangan berkecil hati. Kekalahan adalah bagian dari proses menuju sukses.” Rencana untuk mengadakan BIMAC setiap dua tahun diharapkan dapat mempererat hubungan antar peserta sekaligus mempromosikan Batam di tingkat internasional, serta meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan semangat persaingan yang positif, BIMAC 2024 berhasil menjadi ajang yang bagus bagi para pelajar dan pecinta marching band, menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi semua yang terlibat.

DD