Dampak Tour de Batam, Batam Fast Ferry Tambah 10 Rute

Disbudpar Batam- Meta Sport berkerjasama dengan Nongsa Resorts didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar ajang balap sepeda internasional Tour de Batam yang berlangsung mulai tanggal 22-hingga 24 September 2023 mendatang. Dengan adanya kegiatan Tour de Batam ini memberikan beragam efek bagi sektor pariwisata, diantaranya pelayaran internasional di Kota Batam ditambah jelang Tour de Batam.

“Tour de Batam nanti ada penambahan 10 rute,” kata Kepala Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Wilayah Nongsa, Hendrizal saat Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Tour de Batam, bertempat di Nongsa Point Marina & Resort, Senin (18/9/2023).

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata antusias menyambut kabar baik tersebut. Menurutnya kegiatan kepariwisataan adalah cara cepat untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dan meningkatkan lenght of stay (lama tinggal wisatawan).

“Tour de Batam pertama kali di Batam, semoga rutin digelar setiap tahun sehingga Batam semakin dikenal di kancah internasional,” ujarnya.

Ardi menghimbau masyarakat Kota Batam untuk menonton event ini dan ikut memberikan semangat bagi peserta, karena ini adalah satu event atau pertunjukan yang menarik juga hiburan bagi masyarakat.

Resort Group Director, Gerald Andrew Hendrick, menyampaikan Nongsa Resort sebagai kawasan kreasi dan terus berinovasi untuk mendatangkan wisatawan. Perdana di Batam, ajang ini sebagai kualifikasi untuk kejuaraan dunia UCI Gran Fondo World Series yang berlangsung di Denmark.

“Kami senang dapat bertemu bapak ibu, dapat berdiskusi dan menyukseskan acara Tour de Batam. Kami sangat serius menggarap event ini dengan segala daya kemampuan kami Nongsa Resort bersama Meta Sport,” ucapnya.

Ia menyebutkan 739 peserta dari 38 negara mengikuti kegiatan Tour de Batam. Angka ini sudah fantastis untuk kegiatan berskala internasional. “Kami juga bersyukur Wali Kota Batam, Muhammad Rudi penuh semangat berkeinginan Batam menjadi tuan rumah, terangnya.

Perwakilan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ikram Syaputra menyampaikan pihaknya bersama tim Meta Sport telah menelusuri rute yang akan dilewati peserta. Untuk beberapa titik jalan yang saat ini masih dalam proses pengerjaan akan dipercepat penyelesaiannya.
โ€œSeperti jalan yang di depan Polda Kepri sudah diaspal dan untuk pembersihannyq akan dilakukan pada h-1 kegiatan dengan menggunakan water tank,โ€ ucapnya.