GEKRAFS Batam Gelar Ragam Kegiatan di Batam Creative Festival

Disbudpar Batam – DPC GEKRAFS (Gerakan Kreatif Nasional) Kota Batam kembali mengadakan Batam Creative Festival (BCF) di Lapangan Parkir Harbourbay Batuampar, pada tanggal 28 Oktober- 5 November 2023 mendatang. BCF 2023 sejalan dengan perayaan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (HEKRAFNAS) yang jatuh pada tanggal 24 Oktober.

โ€œAkhirnya mulai tahun ini, kita bisa merayakan Hari Ekonomi Kreatif Nasional setiap tahun, sehingga ini juga menjadi alasan paling dasar untuk menyelenggarakan kegiatan Batam Creative Festival, yaitu bersempena dengan Hekrafnasโ€ ujar Susanna, ketua DPC Gekrafs Batam, Senin (18/9/2023).

Kegiatan ini mengusung tema #LocalPride, DPC GEKRAFS Kota Batam berupaya untuk menggali potensi ekonomi kreatif lokal nusantara di Kota Batam, agar bisa mendapat atensi nasional dan internasional. BCF merupakan kegiatan rutin tahunan GEKRAFS Kota Batam sebagai ruang kolaborasi 17 sub-sektor ekonomi kreatif, yakni jasa pengembangan aplikasi, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, desain interior, fotografi, musik, kriya, kuliner, fesyen, penerbitan, film, animasi, dan video, periklanan, permainan interaktif, seni pertunjukan, seni rupa, serta televisi dan radio.

โ€œBCF 2023 akan berlangsung selama sembilan hari, akan ada bazar, pameran produk kreatif, talkshow, pertunjukan seni, berbagai perlombaan, permainan dan sebagainya,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Batam Creative Festival. Kegiatan ini menjadi momentum untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Batam.

“Sebagai Kepala Disbudpar Kota Batam, saya sangat bangga terhadap kegiatan yang dilakukan oleh para anak muda Batam. Kegiatan wadah kita untuk mempromosikan Batam di mata dunia,” ucapnya.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Kota Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Selain itu, Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti 241 hotel, 1037 restoran, pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

“Batam Creative Festival salah satunya atraksi atau kegiatan kepariwisataan dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang disajikan dalam bentuk bazar kuliner, pameran, aneka perlombaan dan pertunjukan,” tuturnya.