Puluhan Wisman dari Kapal Pesiar Resorts World Cruises Jelajahi Batam

Disbudpar Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam antusias menyambut wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura dari kapal pesiar Resorts World Cruises yang turun di Nongsapura Ferry Terminal, Sabtu (2/7/2022). Selama berada di Kota Batam, 32 wisman tersebut akan menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Kota Batam.

Asisten Pemerintahan Setdako Kota Batam, Yusfa Hendri bersama Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ratna Sari dan Ketua Nongsa Sensation, Andy Fong menyambut para pelancong. Tak ketinggalan, alunan musik dari grup band Batam, Malaykustik, turut mengiringi penyambutan wisman tersebut.

“Pemerintah Kota Batam sangat mengapresiasi Nongsa Sensation yang telah menggagas masuknya wisatawan dari Resorts World Cruises ke Kota Batam,” kata, Yusfa.

Selain menambah angka kunjungan wisman, kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik kepada semua destinasi Kota Batam khususnya di kawasan Nongsa. Dari informasi yang didapatnya, wisman tersebut akan berkunjung ke Desa Wisata Mangrove Pandang Tak Jemu.

Desa wisata ini satu-satunya desa wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kegiatan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Pemko Batam mengucapkan terima kasih kepada Nongsa Sensation, muda-mudahan ini terus dilaksanakan secara rutin dan jumlahnya bisa ditingkatkan lagi,” pintanya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata merindukan suasana Kota Batam yang ramai wisman. Ia mengatakan, kegiatan penyambutan sengaja dibuat untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi ke berwisata di Kota Batam.

“Kegiatan seperti ini sengaja kami buat agar wisman merasa senang saat berkunjung ke Batam,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan kelonggaran kepada Batam, seperti travel bubble, tidak diberlakukan antigen, PCR, karantina, dan asuransi.

Wali Kota Batam juga sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi telah menyiapkan Batam dalam konsep pariwisata. Aksesbilitas, amenitas, dan atraksi telah disiapkan untuk menyambut wisman.

“Destinasi baru sudah disiapkan dan menjadi daya tarik bagi wisman,” terangnya.

Ketua Nongsa Sensation, Andy Fong mengatakan wisman dari kapal pesiar Resorts World Cruises ke Batam merupakan kegiatan yang pertama. Kegiatan serupa selanjutnya akan berlangsung setiap hari Sabtu.

Dalam program tersebut, Nongsa Sensation menawarkan paket-paket wisata, seperti wisata belanja, golf, dan eko wisata. Wisatawan akan memilih paket wisata yang ingin dikunjunginya.

“Setiap minggu kapal belayar, ribuan yang ada di kapal itu nanti booking turun ke Batam untuk belanja,” terangnya.

Ms. China salah satu wisman mengatakan ia datang bersama keluarga. Selama berada di Kota Batam ia akan menikmati kuliner, belanja, dan melihat pemandangan Kota Batam.

“Saya perna ke Batam dua tahun yang lalu, setelah ini saya berkeinginan darang kembali ke Batam untuk menjelajahi tempat lain,” katanya