Negara Serumpun Melayu Berpartisipasi Pada Gelaran KSM 2022

Disbudpar Batam- Kenduri Seni Melayu (KSM) Tahun 2022 akan digelar di Harbourbay, Batu Ampar, 21-23 Juli 2022 mendatang. Berbeda dari tahun sebelumnya, KSM tahun 2022 ini akan diikuti oleh dua negara serumpun Melayu yakni Johor, Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Dua negara ini sudah mengkonfirmasi keikut sertaan mereka dalam gelaran KSM, diantaranya Kris Karmila yang merupakan penyanyi dari Brunei Darussalam. Dari Johor ada Politeknik Mersing dan Seri Irwarna Tari Dance Studio,” kata, Ardiwinata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Selasa (5/7/2022).

Tak ketinggalan penggiat seni dalam negeri juga akan berpartisipasi, diantaranya dari Kota Pekanbaru, Kota Tanjungpinang, Kota Dumai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Bengkalis. Ia menginformasikan pergelaran KSM kali ini, bertepatan dengan acara Rakornas BKN yang diselenggarakan di Marriott Hotel Harbour Bay, Batam.

“Rakornas bakal dihadiri seluruh BKN seluruh Indonesia. KSM menjadi hiburan tambahan bagi peserta Rakornas sekaligus bisa mengenal kebudayaan Melayu,” terangnya.

Tahun ke-24 ini, KSM menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu, seperti musik, tari, membaca puisi, berpantun, dan permainan rakyat yang dikemas dalam panggung pentas menarik dan menghibur.

“Tahun ini menampilkan WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) ada berpantun dan permainan rakyat,” ujarnya.

Permainan rakyat itu seperti kaki bajang (egrang), gasing, seletup, dan canang. Tak hanya itu, tahun 2022 ini diwarnai dengan 100 stand bazar kuliner dari pelaku UMKM Kota Batam.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2022 KSM digelar outdoor (luar ruangan),”

Lanjut Ardi, KSM menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam sejak tahun 1999. Pada tahun ini ada yang spesial yakni menampilkan lagu bergenre gazal berjudul Bulang Mufakat.

“Lagu berjudul Bulang Mufakat lagu yang berhasil meraih juara satu dari kegiatan Lomba Cipta Lagu Melayu Tahun 2022,” terangnya.

Sebagai informasi, KSM masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). KEN merupakan wadah perkumpulan event Indonesia dan strategi Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan budaya.

“KSM akan disuguhkan secara spektakuler mengangkat budaya Melayu,” ucapnya.