Batam Wonderfood and Art Ramadan Hadirkan Teh Tarik Di KEN Festival 2024

Disbudpar. Batam, Batam Wonderfood And Art Ramadan, salah satu event pariwisata pemerintah Kota  Batam yang telah menjadi agenda tahunan sejak empat tahun lalu tampil dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024.

KEN Festival merupakan rangkaian dalam Kharisma Event Nasional 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu pagi, 27/01/2024. Selain KEN Festival, malamnya juga digelar Launching KEN 2024 di TMIi Sasono Utimo. Sebanyak 110 event pariwisata dari seluruh provinsi se Indonesia masuk dalam event bergengsi tingkat nasional ini.

Empat event pariwisata Provinsi Kepulauan Riau berhasil masuk dalam KEN 2024, dan dua event diantaranya merupakan event pariwisata Kota Batam, yakni Batam Wonderfood And Art Ramadhan (BWFR) serta Kenduri Seni Melayu (KSM).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menampilkan Teh Tarik Melawa dalam cooking demo KEN Festival 2024. Pengunjung TMIi sangat antusias melihat atraksi teh tarik, yang bermula dari minuman khas Belakang Padang tersebut.

Kepala Dinas. (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata dalam kesempatan terpisah menyampaikan rasa senangnya karena dua event pariwisata Kota Batam lolos dan masuk dam KEN 2024.
“Alhamdulillah, Batam patut berbangga karena dua event pariwisata kita KSM dan BWFR berhasil masuk dalam KEN 2024,” ujarnya.
Kata Ardi, pada tahun-tahun sebelumnya hanya event Kenduri Seni Melayu yang telah digelar berturut-turut sejak 25 tahun lalu terpilih masuk dalam KEN, namun ditahun ini pertama kalinya event Batam Wonderfood And Art Ramadhan juga berhasil menambah event pariwisata Batam yang masuk dalam KEN 2024.

Ardi berharap, dengan masuknya KSM dan BWFR dalam KEN 2024 akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam.
“Bersama 126 event pariwisata yang nanti akan digelar sepanjang tahun 2024 ini, semoga kita bisa meningkatkan lagi jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk berkunjung ke Batam,”ujarnya.

Lanjut Ardi, BWFR hadir dalam KEN Festival 2024 adalah atas undangan dari Kemenparekraf RI. Dalam kegiatan ini pihaknya menampilkan atraksiTeh Tarik Melawa karena ingin mengenalkan salah satu minuman kearifan lokal yang dimiliki Batam yang pada zamannya cukup dikenal sebagai minuman khas Belakang Padang.
“Teh Tarik Melawa ini kerap hadir dalam kegiatan Batam Wonderfood And Ramadhan yang kita gelarselama sebulan sepanjang Ramadhan,” ungkap Ardi.

Ditambahkannya, dengan mengikuti KEN Festival 2024 ini Ardi bertujuan dapat memberikan sedikit gambaran terkait kegiatan Batam Wonderfood And Ramadhan sehingga memunculkan niat wisatawan untuk hadir pada saat digelarnya kegiatan BWFR ini.