Batam Wonder Food dan Art Ramadan Siap Sapa Warga Batam

batampos – Pemerintah Kota Batam kembali menggelar bazar bertajuk Batam Wonder Food dan Art Ramadan bulan Maret mendatang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan Wonder Food ini merupakan kegiatan dalam menopang sektor pariwisata.

UMKM diharapkan bisa menyajikan makanan khas Melayu, hingga makanan kekinian yang bisa menjadi menu pilihan bagi warga Batam untuk berburu menu takjil.

“Persiapan sudah dari sekarang. Lokasi tetap di Taman Dang Anom dipusatkan. Kami juga akan menghadirkan nuansa yang sangat Instagram able, guna mendukung destinasi visit Batam 2024 (ViBi24),” kata Ardi, Sabtu (6/1).

Ia mengatakan Batam Wonderfood Ramadan Ke-5 merupakan kegiatan bazar kuliner yang menawarkan menu berbuka hingga sahur.

“Taman yang berada di samping jalan layang Laluan Madani itu, tahun ini venue nya akan ditata sehingga Instagramable dan cocok jadi tempat berswafoto,” sebutnya.

Ardi menyampaikan akan ada lebih dari 100 tenan kuliner yang menawarkan di bazar ini. Selain kuliner, ada kegiatan menarik seperti hiburan musik nuansa Ramadan.

Ramadan 1445 Hijriah / 2024 Masehi, pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadhan bisa menunaikan ibadah, seperti salat magrib, isya, dan tarawih di Taman Dang Anom.

“Batam Wonderfood & Art Ramadan tahun ini pengunjung bisa salat tarawih, karena kita menyediakan mushola yang nyaman ada imamnya juga,” ucapnya.

Selain itu, ada meja kursi, area bermain anak, toilet, parkir yang luas. Batam Wonderfood & Art Ramadhan jadi tempat yang cocok untuk berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Diharapkan lewat kegiatan tema Jom Balek Kampung ini dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam Batam serta memberikan kesempatan para Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam menjajakan produk kulinernya.

“Pengisi bazar adalah pelaku UMKM Kota Batam. Ragam kuliner ada seperti kuliner khas Melayu, tradisional, dan kekinian,” pungkasnya.

Tahun ini semoga kegiatan ini bisa menarik dan menjadi destinasi khusus, ketika ada wisatawan yang tengah berlibur di Batam. Pihaknya juga akan mengajukan event Ramadan ini dalam event nasional di Kemenparekraf RI.

“Kami sudah mengusulkan dan mempresentasikan event ini didepan para kurator Pusat untuk menjadi 100 even Karisma Even Nusantara ( KEN ),” jelasnya.

Batam menargetkan angka kunjungan 2 juta. Hadirnya Wonderfood ini diharapkan bisa menjadi destinasi selama bulan Ramadan. Perputaran ekonomi juga didorong melalui kegiatan ini.

“Kegiatan digelar satu bulan. Jadi akan hadir menu yang beragam, dan tempat yang nyaman dan tentunya Instragramable. Sehingga bisa terus mempromosikan Batam,” tutupnya. (*)

Reporter : YULITAVIA