Disbudpar Gelar Lomba Hadrah, Ratusan Peserta Ikuti Lomba

Disbudpar Batam- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata membuka Lomba Hadrah mewakili Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi yang berlangsung di One Batam Mall, Minggu (17/9/2023). Lomba ini diikuti 22 grup hadrah dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Batam.

Dalam sambutannya, Ardi menyampaikan hadrah merupakan kesenian dalam bentuk nyanyian yang bernafaskan Islam yang disertai dengan alunan rebana. Sebelumnya peserta hadrah telah mengikuti pelatihan yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Disbudpar Kota Batam.

“Hadrah merupakan seni yang bisa dikembangkan, kita dorong para ibu-ibu sehingga hadrah di Batam ini berbeda dari daerah lainnya,” ucapnya.

Ardi berharap peserta dapat menampilkan yang terbaik. Lewat kegiatan ini, ia mengajak peserta untuk meningkatkan penampilan, vokal suara, musik hadrah, dan sebagainya.

“Pemko siap mendukung, mari kita bersatu, kompak, membangun, dan mengisi Kota Batam sebagai Batam Kota Baru, Batam Milik Kita,” terangnya.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Kota Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Selain itu, Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti 241 hotel, 1037 restoran, pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata, salah satunya One Batam Mall. “Terima kasih kepada Managemen One Batam Mall yang memberikan waktu dan tempat untuk peserta lomba hadrah. One Batam Mall merupakan salah satu mall terbaik di Batam dan kedepannya akan banyak kegiatan yang diadakan di One Batam Mall,” ucapnya.

Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi, baik atraksi alam, budaya, dan buatan, lomba hadrah ini salah satunya. Terfikir pula bagaimana nantinya kita membuat rekor muri peserta hadrah terbanyak, membuat festival hadrah lagi, sebutnya.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan dan lomba hadrah. Kegiatan ini merupakan inisiasi Marlin sebagai Ketua LASQI Kota Batam bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.

“Selamat kepada Pak Ardi yang telah menyusun program ini dengan luar biasa,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Marlin menyampaikan kegiatan ini sesuai dengan visi misi Kepri, yakni terwujudnya Kepri makmur, berdaya saing, dan berbudaya. Kota Batam memiliki ragam budaya, tak hanya budaya Melayu saja melainkan seluruh budaya ada di Kota Batam.

Pemenang lomba hadrah akan mendapatkan uang tunai, masing-masingmya juara satu mendapat uang tunai Rp 12 juta, juara dua mendapat Rp 10 juta, juara tiga mendapat Rp 8 juta, dan juara harapan satu mendapat Rp 6 juta.