Bidang Promosi Raih Piala Bergilir pada Lomba Peringatan HUT RI di Lingkungan Disbudpar Batam

Keterangan Gambar : Pegawai Disbudpar Batam terlihat ceria berfoto bersama usai mengikuti perlombaan kemeriahan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Selasa (22/8/2023). /Disbudpar Batam

KORANBATAM.COM – Bidang Pengembangan dan Promosi Wisata (PPW) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam berhasil menjadi juara piala bergilir Kepala Disbudpar tahun 2023, Selasa (22/8). Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Piala bergilir ini akan kita perebutkan setiap tahun,” kata Ardiwinata selaku Kepala Disbudpar Batam kepada KoranBatam.

Kegiatan tersebut diikuti lima bidang di lingkungan pegawai Disbudpar yakni Sekretariat, Kebudayaan, Sarana Objek Wisata, Pengembangan dan Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif, dan Museum Batam Raja Ali Haji. Tim PPW berhasil mendapatkan piala dan ragam hadiah.

Ia menyebut, lomba kegiatan HUT ke-78 RI yakni lomba lilin stocking, memasukan sedotan ke dalam botol, baris bebaris, memakai jilbab sambil tutup mata, estafet air, pesan berantai, memasukan biskuit ke dalam mulut, injak karton, jaga keseimbangan pingpong mengunakan sendok dan satu komando.

Ardi, demikian disapa, menyampaikan bahwa, kegiatan itu sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia bangsa Indonesia dan menghormati jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta mempererat silaturahmi sekaligus meningkatkan etos kerja pegawai.

“Pak Wali (Muhammad Rudi) telah membangun infrastrukur, terutama jalan-jalan di Batam. Artinya masyarakat termasuk juga Aparatur Sipil Daerah Batam juga harus mengisinya dengan terus bekerja bersemangat dan berinovasi juga menyelengarakan kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.

Sebelumnya, pegawai Disbudpar juga menghias ruang kerja dengan nuansa merah putih. Selain kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Disbudpar selalu menyambut hari besar lainnya seperti Hari Raya Idulfitri, Tahun Baru Imlek dan sebagainya.

“Menghias ruangan, lomba sudah menjadi kegiatan rutin bagi pegawai Disbudpar Batam. Artinya kegiatan ini untuk memberikan semangat,” sebutnya.

Keterangan gambar: Pegawai Disbudpar Batam saat mengikuti lomba memasukan sedotan ke botol dalam memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Selasa (22/8/2023). /Disbudpar Batam

“Kami berharap pegawai makin kompak dan solid agar kualitas saat melayani masyarakat, khususnya masyarakat pariwisata, budaya, dan ekraf (ekonomi kreatif) semakin meningkat,” pintanya kembali.

Sementara, Ketua Panitia Tahun ini, Sri Miraty Adisti yang juga sehari hari menjabat Kepala bidang Sarana Obyek Wisata sangat antusias menyiapkan acara yang pertama kali digelar dan hadiah serta doorprice.

“Seru sekali HUT RI tahun ini. Saya persiapan segala sesuatunya dengan detil, hadiah doorprice dan peralatan lomba itupun ada yang terlupa,” akui perempuan yang biasa dipangil buk Adis ini, bertutur sembari tertawa.

Dengan menggunakan kostum merah putih dan yel-yel, masing-masing regu terlihat kekompakan juga keceriaan seluruh karyawan maupun karyawati Disbudpar berlomba. (***)

DD