Jadi Pembina Upacara HUT Ke-62, Jefridin Sampaikan Gerakan Pramuka Harus Maju Dan Berkiprah Untuk Masyarakat

MC Pemko Batam – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menjadi pembina upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 se Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Belakang Padang, Senin (14/08/2023). Dalam arahannya Jefridin membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso.

Sesuai isi sambutan Kwartir Nasional, menyampaikan harapan diusia ke-62 Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan. Serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

“Bagaimana kita di daerah mengembangkan Gerakan Pramuka dapat lebih baik dan maju. Kepada seluruh para Ketua, Wakil Ketua, dan Kamabiran dan Kwarran di semua tingkatan, saya berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka,”tuturnya menyampaikan pesan Kwarnas.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan sumber daya manusia (SDM) Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan”. Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional, mencermati SDM kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.

“Wawasan Kebangsaan sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” papar Sekretaris Daerah Kota Batam ini.

Saat ini tengah berlangsung kegiatan Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

“Seperti yang disampaikan oleh Kwartir Nasional agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan. Agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal, daerah diminya untuk membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja dan Program Kerja,” ungkap ayah dua anak ini.

Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.(*)

FacebookTelegramWhatsAppLineCopy LinkSambung