Lestarikan Tradisi, Disbudpar. Kembali Gelar Khataman Al Quran

Disbudpar Batam- Khataman Al Quran di bulan Ramadan menjadi salah satu tradisi masyarakat Melayu. Untuk melestarikan tradisi itu pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam melakukan khataman Al Quran di Taman Dang Anom, Batam Center.
Kegiatan tersebut digelar di area Batam Wonderfood and Art Ramadan, Jumat 14 April 2023. Khataman Al-Quran ini dipimpin oleh Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, dan diikuti sejumlah pejabat dan pegawai Disbudpar Batam.
“Ini yang kedua kali kami lakukan Khatam Al-Qur’an di panggung ini (Batam Wonderfood & Art Ramadhan),” kata Ardiwinata.

Kegiatan tersebut kata dia bertujuan untuk melestarikan tradisi masyarakat Melayu. Menurut Ardi, kegiatan ini juga termasuk dari ritus dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).
“Semoga kegiatan ini terus lestari dan kami berjanji akan menampilkan kegiatan ini (Khatam Alquran) di panggung akbar,” ucapnya.
Khataman Al-Quran ditutup dengan pemotongan nasi besar. Warisan Budaya Tak Benda dari bumi Melayu ini bukan nasi yang dibuat atau dibentuk dalam ukuran besar, melainkan nasi yang dihidangkan dalam acara kebesaran.
Nasi besar diletakkan di atas pahar, yang merupakan dulang berkaki sebagai wadah, lalu nasi besar dibentuk menyerupai bukit.
Nasi besar itu dihiasi dengan rangkaian bunga puncak yang ditancapkan di sisi tengah atas onggokan pulut tadi.
Di sekeliling pulut kuning, ditancapkan pula bunga telur, bertangkai dalam jumlah banyak dan harus ganjil, maksimal 25 telur rebus sesuai dengan jumlah nabi dan rasul.
“Nasi besar biasanya juga dihidangkan di acara hari jadi (ulang tahun), pernikahan, khitanan. Saya berharap masyarakat Batam juga melestarikan hidangan nasi besar ini,” kata Ardi.
Batam Wonderfood & Art Ramadhan merupakan lokasi bazar yang digelar oleh Disbudpar Kota Batam. Kegiatan bazar berlangsung sampai 16 April 2023.