Ragam Kuliner Khas Melayu di Batam Wonderfood & Art Ramadhan

Disbudpar Batam- Ragam kuliner menggugah selera bisa ditemukan di Batam Wonderfood & Art Ramadhan, yang berlokasi di Taman Dang Anom, Batam Center. Kuliner itu termasuk makanan khas Melayu seperti mie lendir pulut serundeng, bubur cendil, luti gendang, epok-epok, dan teh tarik.

“Teh tarik kemasan botol ini laris manis penjualannya bisa mencapai ratusan botol hanya di Dang Anom,” kata Nurlela, Pemilik Melawa Teh Tarik Belakang Padang, Jumat (31/3/2023).

Selain teh tarik, pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadhan bisa menemukan minuman lainnya yakni es singpura, es jeruk, kopi tarik, es kelapa jeruk kunci, kelapa gurindam, dan kelapa anom yang artinya kelapa muda yang dikemas dalam kemasan cantik atau lawa.

“Kelapa gurindam dan kelapa anom ini merupakan produk baru,” sebutnya.

Rasa pruduk baru ini adalah mengutamakan kesegaran, karena sangat cocok dinikmati setelah puasa. Rasa kelapa muda ini dikombinasikan dengan selasih dan jeruk kunci untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian penuh. Begitu juga dengan kelapa anom juga sangat lembut didalam seperti jelly padahal tidak menggunakan jelly, diolah tanpa pengawet dan tidak melekat ditenggorokan, sangat aman dan menyehatkan.

“Kami juga menawarkan cendol melawa, terdiri dari cendol hijau dari pandan dan cendol hitam tanpa pewarna dari dedaunan, isiannya ada kacang merah yang sehat, gula aren dan santan, bisa dengan durian maupun tapai, atau original,” sebutnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyebut Batam Wonderfood and Art Ramadan 2023 ini diikuti ratusan tenant dengan menyajikan beragam takjil atau kuliner khas Ramadan. Termasuk, Melawa Teh Tarik Belakang Padang yang dikenal dengan kuliner khas Melayu.

“Melawa Teh Tarik Belakang Padang sudah menjadi ikon dan tak hanya tempat sarapan warga lokal tapi sudah menjadi tujuan pelancong. Ramadan ini semua produknya hadir di Batam Wonderfood and Art Ramadan salah satu bazar terbaik di Batam,” kata mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdako Batam tersebut.

Terlebih, bazar ini sudah dinyatakan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Kota Batam aman dari kandungan yang membahayakan bagi kesehatan. Semua tenant sebelumnya sudah diingatkan untuk menjual makanan yang halal dan sehat.

“Alhamdulillah, BPOM menyatakan makanan di Batam Wonderfood & Art Ramadhan layak dikonsumsi. Tenant kita mengutamakan mutu dan kesehatan jajanan yang dijual untuk pengunjung,” katanya.

Batam Wonderfood and Art Ramadan 2023, lanjut Ardi, menjadi destinasi wisata kuliner khas Ramadan di Batam. Selain untuk memanjakan masyarakat menyambut Ramadan, event ini juga menjadi peluang bagi para pelaku usaha kreatif khususnya pada bidang kuliner.

“Macam-macam ada di Batam Wonderfood and Art Ramadan putu piring, bakso, pisang ijo, barongko, bakso, kebab, ayam bakar, es campur, asinan, seblak, dan sebagainya,” terangnya.

Sebagai informasi Batam Wonderfood and Art Ramadhan ke-4 ini berlangsung dari 21 Maret hingga 16 April 2023.