Ardi Kenalkan Batik Ikan Marlin Kepada Pengunjung Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020

Disbudpar Batam- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata kenalkan batik Batam ikan marlin kepada pengunjung Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020. Batik ikan marlin salah satu motif batik dari Kota Batam.

Ardi mengatakan, batik ikan Marlin merupakan batik Batam yang dikenalkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam. Batik Batam sudah dipromosikan baik dalam negeri dan luar negeri, seperti negara Singapura, Malaysia, Cina dan Australia.
“Baru-baru ini Batik Batam ikan Marlin kami promosikan di Kota Bandung, Jawa Barat,” katanya, usai membuka Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020, bertempat di Grand Batam Mall, Kamis (15/11).

Ardi menyampaikan, motif batik Batam umumnya menggunakan warna-warna cerah seperti biru, merah, kuning, hijau dengan mengangkat motif biota laut, seperti ikan marlin, gonggong, dan sebagainya.

Selain batik ikan marlin, Ardi juga mengenalkan ragam kerajinan dari Kota Batam lainnya, diantaranya lampu hias, kerajinan dari kerang, dan sebagainya.

Ketua Dekranasda Kota Palangkaraya, Emnestiningsi mengatakan, batik salah satu kerajinan yang hampir semua daerah di Indonesia mempunyai batik khasnya.
“Kami merasa bangga daerah di Indonesia punya batik. Kota Batam punya batik ikan marlin sedangkan Kota Palangkaraya punya batik benang bintik,” katanya.

Ia menilai batik di Kota Batam motifnya sesuai dengan daerahnya yang merupakan wilayah kelautan. Ragam biota laut ditampilkan dalam motif batik Batam. Warna batik Batam terang sesuai dengan daerah kepulauan.
“Motifnya menandakan daerah kepulauan, bagus, elegan, dan warnanya terang,” ucapnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up