Kunjungan Perdana Pjs Gubernur ke Batam Disambut Dengan Tradisi Tepuk Tepung Tawar

Disbudpar Batam- Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin berkunjung ke Kota Batam, Senin (28/9).
Kedatangan Bahtiar disambut oleh Pjs Wali Kota Batam, Samsul Bahrum didampingi Seketaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid. Setibanya di pelabuhan VIP Telaga Punggur Batam, Bahtiar disambut tabur beras kunyit sebagai lambang pemberian doa dan berkat untuk menyambut tamu yang dihormati.

Selanjutnya Pjs Walikota Batam, Samsul Bahrum melakukan prosesi tepuk tepung tawar. Tradisi upacara adat Melayu ini berlangsung singkat singkat, namun dilaksanakan secara khidmat dengan diakhiri doa. Samsul mengucapkan selamat datang kepada Bahtiar.
“Selamat datang Pak di Kota Batam, kami siap membantu bapak dalam menjalankan tugas. Membantu Pjs Gubernur Kepri sekaligus Kemendagri,” kata Samsul.

Ia berharap, koordinasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dapat berjalan dengan lancar.
“Untuk itu atas nama Pemko Batam, kami menepungtawarkan bapak, semoga kunjungan bapak ke Batam dan kehadiran bapak di Kepri dilindungi Allah SWT,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata yang juga ikut mendampingi menyambut Pjs Gubernur Kepri, mengatakan prosesi tepuk tepung tawar merupakan salah satu adat istiadat yang tak terlepas dari kebudayaan Melayu. Menurut Ardi, prosesi ini sudah menjadi aturan, misalnya saat pelaksanaan acara-acara penting, seperti pernikahan, menyambut tamu, pengangkatan pejabat, dan sebagainya.

“Pemko Batam menyambut Pjs Gubernur dengan menonjolkan tradisi Kebudayaan Melayu,” katanya.

Sejumlah pejabat dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam lainnya yang terlihat dilokasi penyambutan Pjs Gubernur, diantaranya Assisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pebrialin Razak dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Azril Apriansyah.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar Baharuddin sebagai Pjs Gubernur Kepri. Penunjukan ini berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 121.21-2911 Tahun 2020 tentang Penunjukan Penjabat Sementara Gubernur Provinsi Kepri