Kunjungan Wisman ke Batam Naik 20 Persen

Disbudpar, Jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Batam pada bulan Juni 2019 mencapai 176.187 kunjungan. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 20.61 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan Wisman pada bulan sebelumnya, dimana jumlah Wisman pada bulan Mei 2019 sebanyak 146.075 kunjungan.
Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, yakni Juni 2018 jumlah kunjungan Wisman naik sebesar 5.25 persen atau sebanyak 8.789 kunjungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardi Winata menjelaskan
kenaikan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat dan pihak swasta pelaku usaha pariwisata.

“ Alhamdulillah ada kenaikan. Ada tiga faktor yang berperan dalam peningkatan kunjungan wisman ke Batam,” sebut Ardi.

Faktor pertama yakni pembangunan infrastruktur di Kota Batam.
Jalan-jalan di Kota Batam saat ini sudah besar dan bersih. Taman-taman kota pun sudah merata dan indah. Fasilitas untuk pejalan kaki pun sudah tersedia. Hal ini tentu menjadi faktor penting bagi wisman dalam memutuskan untuk berkunjung ke Batam, sebagai tempat liburan mereka, jelas Ardi.

Faktor kedua, amenitas yang tersedia di Batam, baik transportasi dan akomodasi.

“Transportasi menuju Batam sudah sangat lengkap dan lancar, tarifnya pun relatif terjangkau, hotel-hotel memberikan pelayanan yang terbaik, bersih dan ramah, juga sejumlah fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para wisman saat berada di Batam (amenitas),” papar Ardi.

Saat ini ada 223 hotel yang beroperas di Batam, mulai dari hotel biasa hingga hotel berbintang dengan full fasilitas.

Faktor ketiga yakni event atau aktraksi pariwisata dan jumlah destinasi wisata yang terus bertambah di Bandar Dunia Madani ini.

“Setiap minggu kita mengadakan event event berskala internasional, event sederhana maupun besar, tapi mampu membuat para wisatawan nyaman dalam menikmatinya,” ungkap Ardi.

Tumbuhnya tempat-tempat wisata baru juga sangat berpengaruh. Sejumlah pantai, kampung-kampung tua yang disulap menjadi tempat wisata, pembangunan mal baru dan lengkap, hingga pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riyad Sah yang nantinya akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata relegi, sangat berperan dalam peningkatan wisman, sebut Ardi.

Dirinya akan berupaya maksimal dalam peningkatan jumlah wisman ke Batam dengan terus melibatkan masyarakat, serta pengusaha-pengusaha sektor pariwisata Batam.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up