HUT TNI ke-79 Menampilkan Drama Kabaret Perjuangan Raja Haji Fisabillilah di Dataran Engku Putri Kota Batam

Disbudpar Kota Batam – Penampilan drama kabaret sukses memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Dataran Engku Putri Batam Center, Kota Batam, Sabtu (5/10/2024).

Drama kabaret tersebut ditampilkan dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) hingga komunitas Batam.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Kolonel Infanteri (Inf) Rooy Chandra Sihombing mengatakan bahwa, sengaja mengangkat pertunjukan kabaret perjuangan pahlawan Nasional dari Kepri Raja Haji Fisabilillah (RHF) yang heroik.

“Perjuangan Pahlawan Nasional Haji Fisabilillah dari Kepri sangat heroik yang berhasil menenggelamkan kapal Belanda. Ini pertanda bangsa Melayu adalah bangsa petarung dan patriotik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Disbudpar Batam yang juga sebagai Sutradara, Ardiwinata mengapresiasi Kodim 0316/Batam memberikan kesempatan menampilkan kabaret perjuangan Haji Fisabililah sang penjaga selat malaka.

“Penampilan sangat memuaskan dengan persiapan yang singkat. Para pendukung watak sangat prima memainkan lakonnya masing-masing,” sebut Ardiwinata.

Ia mengatakan, dengan latihan serius, para pelakon bisa tampil sempurna sesuai naskah drama. Adapun, para pemeran terdiri dari TNI, pegawai Disbudpar Batam hingga para penari.

“Mereka sangat menjiwai dan memukau para peserta upacara HUT ke-79 TNI,” kata dia.

Adapun drama tersebut mengangkat kisah pahlawan asal Kepulauan Riau, Raja Haji Fisabillah yang berjuang melawan penjajah khususnya di kawasan selat malaka.

Dalam drama itu ditampilkan bagaimana kelicikan penjajah hingga keberanian Raja Haji Fisabillah dalam menumpas penjajah hingga sukses memukul mundur para penjajah.

“Kami ingin keberanian Raja Haji Fisabilillah dapat menjadi teladan dan semangat bagi generasi penerus untuk mempertahankan NKRI. Sehingga kami tercetus untuk menampilkan drama kabaret ini di HUT ke-79 TNI tahun ini,” imbuhnya.

DD