Kedai Kopi Yong Bengkalis Kuliner Melayu Telah Hadir di Kota Batam

Disbudpar Kota Batam – Destinasi wisata kuliner di Batam terus bertambah, memperbanyak pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam.

Terbaru, Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol dan Kuliner Malam Pak Ngah BBM yang berada Jalan Raja Haji Fisabilillah, Komplek Ruko Bintang Raya Blok A Nomor 15 itu, merupakan milik penyanyi Melayu terkenal, Rojer Kajol.

Mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam dan sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Drs. Ardiwinata mengatakan, dengan banyaknya destinasi wisata kuliner di Batam, sektor pariwisata akan terus menggeliat.

“Ini menambah destinasi wisata kuliner di Batam. Kami mengapresiasi para pelaku pariwisata khususnya bidang kuliner yang terus menambah pilihan bagi wisatawan,” ujar Ardi, saat menghadiri peresmian Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol dan Kuliner Malam Pak Ngah BBM, Jumat (9/8/2024).

“Dengan hadirnya Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol dan Kuliner Malam Pak Ngah BBM menambah amenitas baru di sektor wisata kuliner di Batam, Ini akan memberikan dampak bagi pariwisata dan ekonomi di Batam,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini, jumlah restoran yang ada di Kota Batam sekitar 3.000 tempat. Dengan banyaknya restoran tersebut, memudahkan dan memanjakan lidah wisatawan saat berkunjung ke Batam.

Sementara itu, Rojer Kajol mengatakan, Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam merupakan daerah tujuan wisata. Baginya, banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati kulinernya.

“Setiap akhir pekan banyak wisatawan datang, salah satunya dar Malaysia untuk sekedar liburan ataupun untuk menemui sanak saudaranya guna menyambung tali silaturahmi,” sebut Rojer yang merupakan artis asal Malaysia tersebut.

“Nah, di Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol ini, kami menyajikan kuliner khas Melayu. Dijamin akan pas di lidah orang-orang Melayu,” tambahnya.

Adapun, kuliner yang ditawarkan di Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol dan Kuliner Malam Pak Ngah BBM tersebut di antaranya Roti Prata, Roti Canai, Roti Kawin, Lontong Bengkalis, Mie Sagu, Mie Keling, Nasi Lemak Melaka, Nasi Goreng Kampung, Miehun Goreng dan masih banyak lainnya.

Selain makanan, di Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol ini juga menjual aneka minuman seperti, Teh Tarek, Kopi, Milo, Aneka Juice, Susu Panas, dan minuman lainnya.

“Kalau di Malaysia ada namanya harga khayangan untuk kalangan orang-orang kelas atas. Nah, di sini pengunjungi jangan khawatir, karena harga makanan dan minuman di sini sangat murah dan terjangkau,” sebutnya.

Senada, Bisnis Partner Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol, Joni mengatakan, Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam & Rojer Kajol yang baru diresmikan ini merupakan cabang yang ke-13 di wilayah Riau Daratan dan Riau Kepulauan.

“Untuk di luar Riau Daratan, Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam ini merupakan yang perdana. Dan, ini semua berkat kepercayaan dari seluruh masyarakat hingga kami bisa memiliki 13 cabang,” sebutnya.

Masih menurut Joni, Kedai Kopi Yong Bengkalis Batam tidak hanya menyajikan menu masakan khas Melayu untuk disantap mulai dari pagi hingga siang hari, namun pengunjung juga bisa menikmati makanan nusantara di Kuliner Malam Pak Ngah BBM.

“Kuliner Malam Pak Ngah BBM ini artinya Pak Ngah Balik Bulan Mengambang,” imbuhnya.

Di Kuliner Malam Pak Ngah BBM, masyarakat juga bisa menikmati hidangan nusantara seperti, Lontong Malam, Pecel Lele, Ayam Penyet, Gulai Tikungan (Gultik) dan lainnya.

“Jadi, makanan siang kita padukan juga dengan kuliner malam. Dijamin pasti memuaskan selera makan masyarakat yang ada di Kota Batam,” ungkapnya.

DD