๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐“๐š๐ฆ๐›๐š๐ก ๐Ÿ๐ŸŽ ๐๐ฎ๐ฌ ๐“๐ซ๐š๐ง๐ฌ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ, ๐‘๐ฎ๐๐ข: ๐‹๐š๐ฒ๐š๐ง๐ข ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐๐š๐ข๐ค

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Pemerintah Kota (Pemko) Batam menambah 20 unit bus Trans Batam untuk melayani masyarakat pengguna transportasi umum di Batam.

Secara resmi, peluncuran 20 unit bus baru tersebut dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di halaman Kantor Wali Kota Batam, Jumat (29/12/2023).

โ€œDengan penambahan bus ini, layani masyarakat dengan baik,โ€ pesan Wali Kota.

Ia bahkan menginstruksikan langsung Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam untuk menjaga dan merawat bus tersebut dengan baik.

โ€œDikontrol kelengkapan bus, bikin penumpang senyaman mungkin dan tambah fasilitas yang memudahkan penumpang,โ€ katanya.

Untuk diketahui, dengan penambahan bus tersebut, koridor di Batam bertambah dari semula 8 koridor menjadi 9 koridor.

Adapun, bisa baru tersebut akan dioperasikan untuk koridor 1 sebanyak 6 unit, kemudian koridor 2 sebanyak 6 unit, koridor 3 sebanyak 6 unit. Selebihnya, dua unit akan dicadangkan.

โ€œKoridor yang ditambah yakni koridor 9 yang akan melayani penumpang tujuan Punggur-Nongsa,โ€ kata Kepala Dishub Batam, Salim.

Salim melaporkan bahwa saat ini Batam memiliki 62 unit bus yang sudah ada sejak 2014-2015. Peluncuran 20 bus baru ini, kata dia, merupakan bentuk komitmen menghadirkan angkutan umum yang aman dan nyaman serta terjangkau.

โ€œPengadaan bus ini menggunakan skema BTS (Buy the Service) melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Batam,โ€ katanya.