Dampingi Wako Rudi di Rakercab 1 DPC HPI, Jefridin Nyatakan Dukungan Pemko Untuk Kemajuan Pariwisata di Kota Batam

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mendukung untuk memajukan pariwisata di Kota Batam. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemko Batam untuk menggairahkan pariwisata di Kota Batam dengan membuka akses jalan yang berkelas untuk orang datang ke Batam.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. saat mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 1 Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Kota Batam di Grand I Hotel, Selasa (10/10/2023).

“Batam dikembangkan sebagai kawasan industri, jasa/perdagangan, alih kapal dan pariwisata. Untuk menunjang itu semua maka harus didukung dengan infrastruktur yang baik. Kebijakan membangun infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan selain untuk menarik investor tentu juga untuk menarik wisman berkunjung ke Batam, baik mancanegara maupun domestik,” jelas Jefridin.

Atas nama Pemko Batam, Jefridin mengapresiasi tema yang diusung pada pelaksanaan Rakercab HPI “Sinergitas Pemko Batam dan Pramuwisata Demi tercapai Batam sebagai Pintu Gerbang Pariwisata Indonesia Bagian Barat. Selama ini menurutnya Pemko Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah bersinergi dengan memberikan pelatihan bagi peramu wisata di Kota Batam.

“Pemko Batam melalui Disbudpar sudah memfasilitasi untuk pemberian Kartu Tanda Peserta Pemanduan (KTPP). Dan melalui dana alokasi khusus Non Fisik sudah dianggarkan pelatihan untuk HPI,” tutur Jefridin.

Pariwisata di Kota Batam menurutnya tumbuh dan berkembang. Terbukti dari banyaknya event nasional dengan peserta dari dalam negeri dan luar negeri yang digelar di Batam. Tumbuhnya pariwisata Kota Batam berdampak pada meningkatkan pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak hotel dan restoran.

“Diketahui sejak Januari hingga Agustus 2023, jumlah kunjungan Wisman di Kota Batam 757.657 orang. Semoga target kunjungan Wisman Kita bisa tercapai hingga akhir tahun mendatang,” ucapnya.

Kepada seluruh peserta DPC HPI Jefridin mengucapkan selamat mengikuti Rakercab ini. Semoga melalui Rakercab ini diperoleh hasil yang baik untuk kemajuan dunia pariwisata di Kota Batam.(*)