Pemko Batam Dukung Latihan Bersama ASEX-01 N Tahun 2023

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Bersama (Latma) Asean Solidarity Exercise (ASEX-01 N) Tahun 2023, di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (19/9/2023).

ASEX-01 Natuna Tahun 2023 ini sendiri merupakan latihan gabungan dari beberapa negara di Asean. Dengan melibatkan elemen militer dan sipil dari negara-negara Asean, yang pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator. Kegiatan latihan gabungan direncanakan akan dilakukan di Natuna.

“Pemerintah Kota Batam sangat mendukung penuh kegiatan ini. Ini merupakan langkah luar biasa, bahwa negara Asean sentral sudah kompak dalam menghadapi situasi ke depan,” ucap Jefridin saat mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Sedangkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa selama ini negara-negara Asean selalu melaksanakan latihan dengan negara seperti China, Rusia, Amerika. Tetapi dengan sentral asean sendiri belum pernah dilaksanakan.

“Pada latihan ini kita laksanakan latihan yang ringan-ringan saja, seperti manuver laut dan udara, juga nanti kita melaksanakan di Ranai,” kata Laksamana TNI Yudo.