Nasi Besar Tandai Pembukaan ARTDO International World Conference

Disbudpar Batam- Asian Regional Training and Development Organisation (ARTDO) International World Conference digelar di Batam, bertempat di Batam View Beach Resort, 26 hingga 29 Agustus 2023 di Kota Batam. Konferensi bertaraf internasional yang telah berlangsung secara rutin selama 50 tahun ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 135 peserta yang berasal dari 15 negara, dian South Sudan, Sudan, Korea Selatan, Kamboja, Malaysia, singapura, Vietnam, Hongkong, diantaranyaTaiwan, Nedherland, Philipina dan Indonesia.

Pembukaan ditandai dengan pemotongan Nasi Besar oleh Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Menparekraf Bidang Inovasi dan Kreativitas didampingi sejumlah pejabat, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kepri, H.T.S. Arif Fadillah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, Ketua Adat Melayu (LAM) Nongsa, Agus Wahab serta General Manager Batam View Resort, Anddy Fong, yang sekaligus sebagai Presiden (ARTDO) International kali ini.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi kegiatan ARTDO yang mengangkat kearifan lokal Batam dengan menghadirkan nasi besar sebagai tanda pembukaan acara. Selain nasi besar, Batik Batam juga ditampilkan dalam stand pameran produk.
Sebagai informasi, nasi besar merupakan salah satu tradisi Melayu, yang ada di rangkaian setiap acara kebesaran. Menurutnya, nasi besar kini tak hanya disajikan pada saat acara pernikahan, Khataman Alquran atau Sunatan saja. Nasi besar juga sudah mulai hadir diberbagai acara, seperti peringatan hari kelahiran, hari jadi kota dan sebagainya.
“Seperti acara ARTDO Ke-50 Tahun, pembukaannya ditandai dengan pemotongan nasi besar,” terangnya.

Lanjut Ardi, nasi besar tetap ada ciri khasnya yakni pulut kuning, bunga telur warna merah, dan bunga puncak. “Untuk acara perayaan hari jadi dan perayaan lainnya bisa namun ciri khasnya jangan sampai hilang,โ€ ucapnya.

Lanjut Bang Ardi sapaannya, Pemerintah Kota (Pemko) mendukung adanya kegiatan ARTDO karena dapat mendorong wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) karena Batam memiliki amenitas yang lengkap seperti hotel 241, 1037โ€kafe dan restoran, 12 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata.

Ia mengucapkan terima kasih kepada President Asian Regional Training and Development Organization (ARTDO) 2022- 2023 sekaligus General Manager Batam View Beach Resort, Andy Fong atas terselenggaranya kegiatan ini. Ardi menyampaikan, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyambut baik atas kegiatan ini.

“Semua pihak mendukung kegiatan ini, Pak Wali (Muhammad Rudi), Menparekraf, termasuk teman-teman media yang selalu memberitakan tentang kegiatan ini,” ucapnya.