Berlangsung Khidmat dan Meriah, Masyarakat Batam Antusias Saksikan Upacara Taptu dan Pawai Obor

MC Pemko Batam โ€“ Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor di Dataran Engku Hamidah berlangsung khidmat dan meriah. Masyarakat Kota Batam antusias menyaksikan kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia.

Upacara Taptu dan pawai obor sendiri selama ini sudah menjadi agenda rutin Pemko Batam setiap tahunnya. Sama halnya tahun-tahun sebelumnya, upacara Taptu dan pawai obor dipusatkan di Dataran Engku Hamidah, Batam Center.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi hadir secara langsung, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Batam dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Tahun 2023 ini, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Betya Lukman Madyana.

Sementara itu, untuk pawai obor diikuti oleh personel TNI-Polri, Satpol PP, Ditpam, Damkar, ASN Pemko Batam, Pramuka serta dimeriahkan marching band.

Adapun rutenya yakni dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Simpang Gelael.

Untuk diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

Selain Upacara Taptu dan Pawai Obor, rangkaian Ulang Tahun ke-78 tingkat Kota Batam di malam yang sama, dilanjutkan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.