Rudi Motivasi Pelaku UMKM Meningkatkan Kualitas dan Mengejar Target Pasar

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, memotivasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Batam. Ia ingin, pelaku UMKM di Batam bisa berkembang.

Hal itu disampaikan Rudi saat membuka Kegiatan Dalam Rangka HUT ke-8 UMKM Nasional dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman UPTD PLUT KUMKM Kota Batam Komp Golden Prawn Bengkong, Sabtu (12/8/2023).

“Mau kita berdagang atau UKM sama saja, bagaimana orang membelinya (produk UMKM),” ujar Rudi.

“Orang membeli berarti memiliki uang. Sehingga, sasaran utama saat berdagang adalah orang yang memiliki uang,” lanjut Rudi.

Untuk itu, ia memotivasi para pelaku UMKM untuk gencar mempromosikan produknya kepada calon pembelinya. “Kita cari orang punya uang,” pesan Rudi.

Setelah itu, Rudi juga mengajak pelaku UMKM mengevaluasi diri jika produknya tak dibeli. Ia menekankan terkait kualitas hingga posisi atau lokasi UMKM tersebut.

“Kenapa orang tidak mau beli, apa kekurangannya, Kalau ini tidak diperbaiki akan selesai. Kalau sudah tidak laku, hari introspeksi,” katanya.

“Mungkin produk kita kurang menarik atau lokasi yang bukan menjadi sumber ekonomi. Cari peluang itu,” katanya.

Hal serupa juga ia lakukan saat menjadi pemimpin. Ia mengaku, dalam membangun Kota Batam, tak hanya mengandalkan keinginan dirinya.

“Saya tidak boleh membangun hanya selera saya. Saya punya deputi, punya kepala dinas sehingga pembangunan bisa diterima dan berjalan dengan mestinya,” kata Rudi.