๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐—ฐ๐—ฎ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต ๐—ž๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป, ๐—”๐—บ๐˜€๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฆ๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ถ ๐—ฃ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜‚ ๐—•๐˜‚๐—น๐˜‚๐—ต ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐˜‚๐—ฟ ๐——๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ช๐—ฎ๐—ฟ๐—ด๐—ฎ

MC Pemko Batam โ€“ Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menemui warga Pulau Buluh, Bulang, Selasa (1/8/2023). Seperti diketahui, beberapa waktu lalu musibah kebakaran menimpa pemukiman warga di pulau tersebut.

Kehadiran Amsakar yang tanpa diinformasikan sebelumnya, disambut hangat warga. Bersama lurah setempat, Babinsa juga Babinkantibmas, Amsakar berbaur dan mendengarkan harapan masyarakat.

โ€œApa yang terjadi di sini dan menimpa masyarakat Pulau Buluh, kita seluruh masyarakat Batam berduka. Dan ini memantik uluran tangan dan kebersamaan dari banyak elemen masyarakat,โ€ kata Amsakar.

Ia juga menyampaikan hal yang sama seperti ucapan masyarakat pada umumnya. Untuk itu, atas nama pribadi dan sebagai pimpinan daerah menyampaikan duka.

โ€œSegera setelah kejadian, Pemko dalam hal ini pak wali, ibu (Wagub Kepri) dan pak sekda langsung ke lokasi serta beberapa OPD teknis untuk melihat dari dekat apa kebutuhan saudara kita,โ€ imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya berbagai tugas. Berbagai tindak lanjut segera ditentukan langkahnya. Seperti mengandeng BAZNAS guna menyalurkan bantuan sekaligus mengklasifikasi rumah terdampak berat, sedang maupun ringan.

โ€œAlhamdulilah langkah ini sudah diambil,โ€ sebutnya.

Ia tak menampik ada sejumlah tindakan yang perlu dikoordinasikan terlebih dahulu, yang keputusannya tidak bisa di ambil sepihak oleh Pemko Batam. Seperti perihal air. Dalam hal ini, pihaknya menjelaskan kepada masyarakat.

โ€œTadi langsung kami telepon kadis terkait, akan segera dikoordinasikan dengan moya,โ€ imbuhnya.

Amsakar menyebutkan, dibalik musibah ini rasa kebersamaan saling meringankan beban satu sama lain begitu terlihat. Perihal ini, ia bahkan merasa berbangga, terutama kepada masyarakat Pulau Buluh.

โ€œUntuk situasi model begini memang semua pihak harus punya rasa bersama. Saya juga begitu bangga dengan warga Buluh yang begitu kompak,โ€ sebutnya.