Ada Program Charity di Bazar Wonderfood Ramadhan #4

Disbudpar Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam akan menggelar Batam Wonderfood & Art Ramadhan Ke 4 yang akan berlangsung di Taman Dang Anom, Batam Center, pada 22 Maret – 16 April 2023 mendatang. Selama pergelaran, bagi masyarakat yang ingin berbagi di Bulan Ramadan ada program Jom Berbagi.

“Program charity Jom Berbagi ini menawarkan Rp 75 ribu perpaket, dari paket itu mendapatkan voucher buka puasa, transportasi panti asuhan, live musik, pendongeng, dan pengisi acara,” sebut, Ardiwinata, Kepala Disbudpar Kota Batam, saat Rapat BWR #4 Bersama OPD, Rabu (14/3/2023).

Kegiatan ini akan dibuka oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Diharapkan lewat kegiatan dengan tema Jom Balek Kampung ini dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam Batam serta memberikan kesempatan para Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam mempromosikan produk kulinernya.

“Kegiatan ini merupakan perintah Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi 5 tahun yang lalu, bagaimana membuat bazar selama Ramadan untuk para pelaku UMKM Kota Batam,” terangnya.

Ia menyebut, banyak aktivitas pada kegiatan Batam Wonderfood & Art Ramadhan, seperti bazar kuliner, buka puasa bersama, kesenian Melayu, pameran tanaman hias, permainan tradisional, live cooking, gerakan sosial, dan tarawih berjamaah. Ardi mengajak OPD yang terkait untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Kita punya panggung dengan peralatan yang lengkap. Jika ada program religi dari Disdik (Dinas Pendidikan) atau sekolah, atau dinas yang lain panggung ini bisa dimanfaatkan. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan kalau mau sosialisasi kesehatan silahkan,” ucapnya.

Di BWR ini, Disbudpar Kota Batam akan menggelar Khataman Al-Qur’an yang merupakan tradisi masyarakat Melayu saat Ramadan. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi masyarakat Melayu dan juga termasuk dari ritus dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

Pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadhan bisa menunaikan ibadah, seperti salat magrib, isya, dan tarawih di Taman Dang Anom karena penyelenggara menyediakan mushola yang nyaman. “Saya berterima kasih juga kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam, yang sudah mensuport air bersih untuk wudhu,” ucapnya.