41 Wisman Asal China Datang Ke Batam

Disbudpar Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama asal China. 41 wisman ini datang melalui Pelabuhan Ferry Batam Centre, Sabtu (11/3/2023).

Alunan musik dari grup band Malaykustik mengiringi penyambutan. Atraksi kebudayaan ini dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) No.1 Tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu.

Wisman asal negeri tirai bambu ini antusias menyaksikan penyambutan dan tak lupa mereka mengabadikan momen itu lewat jepretan kamera smartphone.

“Luar biasa penyambutannya, orang Batam sangat ramah,” kata Huang Cun Cun, wisman asal China.

Ia mengatakan, kunjungan ini pertama baginya. Selama di Batam, ia akan mengunjungi destinasi wisata salah satunya pantai. “Di Batam selama 4 hari 3
malam, pergi ke pantai, diving, dan menikmati kuliner,” terangnya.

Ganeral Manager PT ECO Indo Travel, Andi, mengatakan selain mengunjungi pantai, wisman ini akan mengunjungi wisata religi, yakni Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, Klenteng Tua Pek Kong, Museum Batam Raja Ali Haji, Welcome To Batam, Jembatan Barelang, dan Grand Batam Mall.

“Makan di restoran juga nantinya,” ucapnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan penyambutan wisman ke Kota Batam kembali dilaksanakan. Kegiatan ini sebagai tanda sukacita atas kehadiran wisman tersebut. Kegiatan penyambutan sengaja dibuat untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi ke berwisata di Kota Batam.

“Kegiatan ini adalah 7 unsur dari sapta pesona yakni memberikan kenangan sehingga wisman datang kembali,” tuturnya.

Ia menyebut, China termasuk 5 negara terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam. Sepanjang tahun 2022 sebanyak 10.532 kunjungan.

“Muda-mudahan tahun 2023 ini lebih banyak lagi wisman dari China dan wisman dari negara lainnya datang ke Batam,” pintanya.