Kepala Disbudpar Terima Kunjungan Rombongan Orientasi CPNS

Disbudpar Batam- Pemerintah Kota Batam menggelar pelaksanaan orientasi dan pembekalan kepada 266 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru tahun 2023. Sebagai informasi masa orientasi dilaksanakan selama 3 hari sejak 22-24 Februari. Dimana nantinya para CPNS akan mengunjungi sebanyak 15 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik para CPNS yang datang berkunjung di kantor Disbudpar Kota Batam. Ia mengajak CPNS baru itu berkeliling kantor Disbudpar Kota Batam sambil mengenalkan tugas bidang-bidang seperti sekretaris, bidang kebudayaan, bidang pengembangan dan promosi wisata (ppw), bidang sarana objek wisata (sow), dan bidang ekonomi kreatif (ekraf).

“Disbudpar Kota Batam mempunyai tugas membantu Wali Kota Batam di bidang kebudayaan dan pariwisata,” katanya.

Mantan Kepala Bagian Humas Setdako, menyebutkan tentang Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). PPKD ini diantaranya tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional. Kemudian untuk sub sektor ekraf diantaranya kuliner, fesyen, kria, arsitektur, desain produk, desain interior, musik, seni rupa, periklanan, penerbitan, film animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, aplikasi, pengembang permainan, TV dan Radio.

“Bidang promosi menyangkut pemasaran media sosial, SOW sertifikasi, pembinaan peningkatan sdm (sumber daya manusia),” sebutnya.

Ardi juga menginfokan Kota Batam mempunyai destinasi wisata sejarah yakni Museum Batam Raja Ali Haji yang berada di Dataran Engku Putri, Batam Center. Museum ini menampilkan peradaban Batam mulai dari kerajaan Riau Lingga hingga infrastruktur Batam.

“Bapak harap kalian pergi ke museum untuk mengetahui sejarah dan perkembangan Kota Batam,” pintanya.

Ia menjelaskan Batam sebagai kota pariwisata. Ada konsep 3A yakni aksesbilitas, amenitas dan atraksi dalam pengembangan pariwisata. Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

“Aksesbilitas yang dibangun supaya wisatawan datang tidak merasakan macet, destinasi bisa dikunjungi. Aksesbilitas ini yang paling penting baik darat, laut, dan udara. Cek kondisi Batam sekarang,” katanya.

Selain itu Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti hotel 268 dengan 36.000 kamar, 1067 kafe dan restoran, 12 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

Kota Batam merupakan kota terencana dan memiliki potensi pariwisata, seperti wisata religi, belanja, bahari, kuliner, sejarah, belanja, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice). Ia menyebut, pada Bulan Desember 2022 tercatat, 145.018 kunjungan. 5 negara terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam yakni Singapura 100.276 kunjungan, Malaysia 16.153 kunjungan, India 5.574 kunjungan, China 2.753 kunjungan, dan Philipina 2.206 kunjungan.