Kepala Disbudpar Buka Workshop Master of Ceremony

Disbudpar Batam- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata membuka acara Workshop Master of Ceremony yang digelar oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), bertempat CW COFFEE, Batam Center, Senin (30/1/2023). Kegiatan ini diikuti 35 peserta.

“Peserta 35 orang, artinya jumlah grupnya juga ideal untuk menerima pembelajaran, karena kegiatan dua hari ini ilmu yang diberi oleh coach (pelatih) secara teori dapat terserap dengan baik,” kata pria yang akrab disapa Ardi tersebut.

Ardi menyampaikan, seorang master ceremony bukan sekadar membacakan susunan acara, namun mempunyai tanggung jawab untuk memandu acara. Baginya, pemandu yang benar membawakan acara sampai ke tujuan acara tersebut. Selain itu MC pastinya mempunyai penampilan yang menarik.

“MC bagian paling utama, harus bersih dan good looking,” ujarnya.

Selain itu, seorang pembawa acara harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang luas. Pengetahuan bisa didapat dengan membaca, mendengar, dan pastinya mengikuti perkembangan zaman.

“Pengetahuan baca membaca perdalam karena wisman (wisatawan mancanegara) mulai berdatangan. Bapak sudah banyak request bukan bahasa Inggris saja bahasa lain juga,” terangnya.

Perwakilan dari LPK, Ismail Yuda menyampaikan workshop ini diikuti oleh anggota Perkumpulan Pembawa Acara (Perwara) Kota Batam dan peserta umum. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari.

“Kita buat workshop untuk para MC kita keluarkan sertifikat,” katanya.

Kegiatan ini berlangsung di salah satu amenitas Kota Batam, CW COFFEE. Sebagai tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman yang kekinian.