Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional Kunjungi Disbudpar Batam

Disbudpar Batam- Sebanyak 60 peserta datang ke Kota Batam dalam kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Provinsi Kepulauan Riau. Kehadiran peserta VKN di Batam tersebut disambut Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bertempat di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batuampar, Senin (1/8/2022) lalu.

60 tersebut kemudian menyebar ke kabupaten dan kota di Kepri, salah satunya di Kota Batam. Sebanyak 15 orang mengunjungi Kantor Disbudpar Kota Batam. Kunjungan ini disambut oleh Sekretaris Disbudpar Kota Batam, Koestrinie.

“Semua peserta dibagi dalam 4 keompok. Ada yang ke Batam, Karimun, Tanjungpinang, dan Bintan. Kelompok yang datang ke kantor Disbudpar ini kelompok satu,” sebut Muchamad Taufik dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Selasa (2/8/2022).

Dipilihnya Kota Batam dalam kegiatan VKN ini untuk mengkonfirmasi nilai-nilai pembelajaran karena Kota Batam mampu melakukan kegiatan pemulihan pasca Covid-19 yang jauh lebih baik dari daerah lain. Hal ini kaitkan dengan tema VKN adalah pengembangan aspek sosial kultural masyarakat untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Kami akan mengamati bagaimana sosial kultural mempunyai kontribusi peran di dalam pemulihan Kota Batam. Dari data yang diterima dan disampaikan Wali Kota Batam (Muhammad Rudi) itu aspek sosial kultural di Batam mendapati perhatian dan mendapat peran signifikan terutama aspek kultural erat kaitannya dengan budaya dan pariwisata,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menyambut baik kehadiran kepala dinas se-Indonesia di kota ini. Ia berharap, para peserta dapat mengeksplorasi keindahan Kota Batam dan suatu ketika nanti kembali lagi berkunjung ke kota ini.

“Kami juga harapkan ada pergerakan ekonomi terutama sektor jasa dan perdagangan atas kehadiran puluhan peserta ini di Kota Batam,” ujar Ardi, yang juga menjadi peserta VKN.