20 Finalis Duta Wisata Dibekali Tentang Budaya, Pariwisata dan Informasi Perkembangan Covid-19

Disbudpar Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menyelenggarakan pemilihan Duta Wisata Encik dan Puan Kota Batam Tahun 2021. Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata membuka secara resmi karantina finalis di Harris Resort Waterfront Batam.

Nantinya duta wisata akan membantu pemerintah mempromosikan budaya dan pariwisata Kota Batam kepada wisatawan.
“Kalian harus siapkan diri, fisik mental, tingkatkan lagi pengetahuannya karena akan berinteraksi dengan masyarakat dan wisatawan,” katanya, Senin (29/3/2021).

Di hadapan 20 finalis, Ardi menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Batam pada tahun 2019 sebanyak 1.947.943 kunjungan. Berada diurutan kedua di Indonesia penyumbang wisman terbanyak setelah Bali. Kunjungan wisman tersebut berdampak pada perputaran ekonomi di Batam, serta penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tinggi sehingga pembangunan bisa dirasakan.

“Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuat infarstruktur berkembang, jalan lebar, ada Engku Hamidah, Taman Dang Anom,” ujarnya.

Lanjut Ardi, Batam terletak di wilayah strategis karena berdekatan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia. Memiliki amenitas yang lengkap, dan mempunyai 164 calender of event atau kalender pariwisata. Di kawasan Sekupang bakal ada destinasi wisata kesehatan.

“Batam juga mempunyai 5 pelabuhan internasional, 228 hotel, 884 restoran dan rumah makan,” sebutnya.

Selama Pandemi Covid-19 Pemko Batam berjibaku memutus rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Saat ini pelaksanaan vaksin baru untuk pelayan publik dan lansia. Adanya pemberian vaksin ini juga menambah kepercayaan wisatawan,” terangnya.

Selain itu para finalis juga dibekali materi tentang kebudayaan dan pakaian Melayu oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Muhammad Zen.

Dihari kedua, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin akan memberikan materi tentang informasi dan perkembangan Covid-19 di Kota Batam. Seluruh finalis ini akan menjalani masa karantina selama tiga hari hingga Rabu (31/3/2021) mendatang.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up