BBDC Buka Pendaftaran Bagi Calon Anggota Baru

Disbudpar Batam- Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) Binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam membuka pendaftaran untuk angkatan XXVII tahun 2021. Pendaftaran berlangsung mulai tanggal 30 Desember 2020 sampai 15 Januari 2021.

“Tahun 2021 ini BBDC binaan Disbudpar Kota Batam kembali open recruitment hingga 15 Januari mendatang,” kata Miftakhuraziqin, Kepala Seksi (Kasi) Fasilitasi Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Batam, Rabu (6/1/2021).

Ia menjelaskan, untuk menjadi anggota BBDC, harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, yakni Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari kelas 7 sampai 9, dan Sekolah Menengah Atsa (SMA) kelas 10 sampai 11. Kemudian mengisi formulir, mendapat izin dari orang tua dan sekolah, masa bakti 12 bulan, surat keterangan sehat dari puskesmas, memiliki kemampuan belajar yang tinggi , berkomitmen, bertanggung jawab dan diutamakan pernah mengikuti drumband.

Ia menyampaikan, pendaftaran dan wawancara berlangsung secara online. Memasuki proses seleksi, panitia akan bergantian memanggil peserta setiap devisinya.

“Wawancara secara virtual, lalu proses seleksi. Ditahap ini panitia memanggil peserta namun kita batasi maksimal 10 orang dan sesuai devisi yang dipilih peserta, misalnya perkusi atau terompet,” terangnya.

Ditargetkan seleksi berakhir pada 30 Januari. Kemudian akan dilanjutkan dengan pembekalan fisik, mental, pengenalan alat, teori, dan praktek. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, diantaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

“Saat pembekalan semua anggota diminta membawa alat makan dan minum sendiri,” ujarnya.

Nantinya anggota tersebut akan mengikuti berbagai event yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Batam, diantaranya Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kota dan provinsi, rangkaian HUT RI, Peringatan Hari Jadi Batam (HJB), dan kompetisi.

“Latihan tetap mengikuti protokol kesehatan, satu minggu empat kali. Latihan rutin dilaksanakan pada hari Selasa, Kamis, Sabtu mulai pukul 15.00 – 18.00, dan latihan fokus dua minggu men jelang event,” ucapnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik dibukanya pendaftaran bagi calon anggota BBDC angkatan ke-27. Ia berharap peserta yang lulus menjadi anggota BBDC dapat berkomitmen belajar dan berlatih dengan bersungguh-sungguh.

“Peserta yang lulus nantinya bisa mengikuti kegiatan spektakuler yang diselenggarakan pemerintah, karena itu peserta harus bersungguh-sungguh mengikuti proses wawancara sampai pembekalan,” katanya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up