Enam Sanggar Berlomba Di Ajang Parade Tari Daerah

Disbudpar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar Parade Tari Daerah Kota Batam Tahun 2019.
Ajang lomba tari paling bergengsi di Kota Batam ini rencananya akan dilaksanakan di Mall Botania Batam Center pada Sabtu mendatang (20/4).

Ada 6 (enam) sanggar tari yang ikut ambil bagian dalam Parade Tari Daerah tahun ini. Mereka akan menampilkan 7 (tujuh) tari Melayu dimana seluruh tarian yang dibawakan merupakan tarian karya baru termasuk musiknya, busana yang dikenakan juga penataan make up dan tarian tersebut belum pernah ditampilkan dalam ajang manapun, demikian disampaikan kepala bidang kebudayaan Disbudpar Kota Batam, M. Zein.
“Masing-masing sanggar boleh membawakan maksimal dua tarian dan peserta akan langsung digugurkan apabila tari yang dibawakan sudah pernah ditampilkan,” tegasnya.
Ditambahkannya, tarian Melayu yang ditampilkan oleh masing-masing peserta haruslah bertemakan destinasi atau objek wisata yang ada di Batam.

Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan Parade Tari Daerah ini digelar selain bertujuan untuk melestarikan warisan budaya juga sebagai salah satu peluang di bidang ekonomi kreatif.

“Kegiatan ini juga sebagai ruang ekspresi bagi kreativitas seniman-seniman tari Kota Batam,” ujarnya.

Masih kata Ardi, pada tahun 2016 lalu sanggar Wan Sendari, tim tari Kota Batam yang mewakili provinsi Kepri berhasil menorehkan prestasi gemilang setelah berhasil menyabet lima piala sekaligus pada ajang Parade Tari Nusantara ke- 35 yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
“Kala itu kita berhasil meraih lima katagori, yakni masuk dalam 13 besar nasional Penyaji terbaik wilayah Sumatera, Penata tari unggulan, Penata musik unggulan, Penata rias unggulan serta Penata busana unggulan. Sebelumnya pada tahun 2011 lalu Batam juga telah mengukir prestasi dengan merebut empat piala diajang serupa,” jelasnya.

Ardi berharap semoga pemenang parade tari kali ini yang nantinya akan diutus ke lomba serupa tingkat provinsi juga bisa mengukir prestasi dan kembali mengharumkan nama Batam ditingkat nasional. *