Asparnas Kota Batam Menggelar Kegiatan Perdananya “Sunset To Moonlight Fun Run 2024”

Disbudpar Kota Batam – DPC Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) menggelar kegiatan Sunset To Moonlight Fun Run 2024.

Event berskala internasional ini akan digelar pada tanggal 14 September 2024 mendatang, dan berlokasi di Nuvasa Bay, Nongsa. Fun Run dengan rute sepanjang 6K dan ditargetkan jumlah peserta yang mengikuti hingga 2 ribu peserta. 

“Kami baru saja dilantik, dan ini merupakan kegiatan pertama kami. Fun Run nanti digelar di Nuvasa Bay, Nongsa. Fun Run ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan menyambut Mid Auntum, dan menargetkan 2 ribu peserta lokal hingga asing.” ujar Ketua DPC Asparnas Kota Batam, Andi, Jumat (9/8/2024).

“Untuk harga tiket Rp175 untuk early bird dan normal Rp225 ribu,” sebutnya.

Untuk menarik peserta di event pertama Asparnas Batam ini juga akan menghadirkan doorprize berupa satu unit mobil. Selain itu, ada juga hadiah lain berupa motor, smartphone, voucher hotel, spa, restoran, dan banyak hadiah lainnya. 

Andi mengatakan sport tourism atau wisata olahraga merupakan salah satu sektor olahraga yang memang tengah didorong untuk menunjang sektor pariwisata.

“Event the first time untuk Asparnas yaitu dengan mengambil satu tema yaitu mid autumn, karena berdekatan dengan hari-hari Raya Chinese itu mungkin seperti hari raya kedua. Selain Fun Run, ada juga penampilan drama cina yang kisahnya seperti Romeo and Juliet kalau di luar negeri, atau Rama dan Sinta cerita rakyat.” imbuhnya.

Asparnas nantinya juga akan menjual kue bulan yang hasilnya akan diberikan kepada panti asuhan atau panti jompo.

 “Charity lah nantinya juga kami gelar dalam rangkaian pertama acara Asparnas ini,” sebutnya.

Mantan Kabag Humas Setdako Batam dan sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Drs. Ardiwinata, mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Asparnas ini.

“Meskipun baru dibentuk DPC Asparnas Batam langsung bergerak membuat event besar dengan menargetkan peserta dari Singapura, Malaysia, Cina, hingga Thailand dan negara lainnya. Tentu event ini akan mendongkrak jumlah wisman yang akan berkunjung ke Batam,” ujarnya.

Ardi menyebutkan event ini merupakan salah satu hal yang bisa menunjang dalam sektor pariwisata. Untuk itu, kehadiran event yang digawangi oleh Asparnas ini bisa menarik wisman lebih banyak karena event ini.

“Tentu kegiatan ini akan didukung penuh oleh Pemkot Batam. Batam sudah menyediakan akses yang lebih layak untuk mendukung kegiatan yang digelar oleh swasta, termasuk Asparnas ini,” ungkapnya. Lebih lanjut, Ardi berharap Asparnas bisa menggelar kegiatan lain yang berkelanjutan tentunya. Tidak saja event lari, bazar, dan charity namun bisa juga event lainnya yang meningkatkan sektor wisata.

“Kami mengajak ada banyak event digelar tentunya. Karena itu bisa berdampak terhadap kemajuan sektor wisma. Tahun ini ditargetkan 2 juta wisman, dan untuk mendongkranya butuh event,” tambahnya.

“Jadi ayok warga Batam, ramaikan event ini. Karena banyak hadiah menarik yang bisa didapatkan. Sport tourism ini juga tengah digandrungi, dan terbukti sukses setiap digelar. Kami harapkan begitu juga dengan Asparnas Batam,” sambungnya.

DD