Ardiwinata Dukung Layanan Antar Jemput Bagi Wisman di Sekupang Internasional Ferry Terminal

KILASKEPRI.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kepulauan Riau mendukung layanan shuttle bus atau bus antar jemput bagi wisman dari Sekupang Internasional Ferry Terminal (SiFT).

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata mengatakan kehadiran layanan ini memudahkan bagi wisman, dalam mendapatkan moda transportasi gratis.

“Sebuah terobosan yang luar biasa ya. Jadi SiFT memberikan service berupaya layanan antara jemput dari pelabuhan ke Grand Batam Mall,” kata dia, Sabtu (6/7/2024).

SiFT bekerja sama dengan operator kapal Batam Fast, dan Dinas Perhubungan Kota Batam untuk mendukung layanan shuttle bus ini.

Wisman akan merasa sangat nyaman dengan layanan ini. Ardi menambahkan kondisi bus trans Batam juga bagus, nyaman, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan yang aktif. Hal ini memberikan kenyamanan bagi wisman dalam menikmati perjalanan dari SiFT menuju Grand Batam Mall.

“Tentu kami berharap layanan ini menambah minat wisman untuk melewati SiFT. Selain pelabuhan yang bersih, luas, dan nyaman, sekarang tersedia layanan shuttle bus,” tambah Ardi.

Ardiwinata mengatakan hal ini merupakan salah satu penerapan dalam komponen penting dan wajib ada di setiap destinasi pariwisata, yaitu amenitas. Kalau aksesibilitas sudah bagus, karena Batam sudah memiliki infrastruktur yang baik.

“Jadi perjalanan wisata itu harus yang memudahkan, menyenangkan dan kalau bisa harga yang juga terjangkau,” sebutnya.

Hadirnya layanan tersebut, tidak hanya memudahkan bagi wisman, tetapi juga bagi wisatawan domestik saat berkunjung ke Batam.

Ia mengatakan hal tersebut juga menjadi salah satu upaya dalam mendorong tercapainya target kunjungan wisman tahun 2024 sebanyak 2 juta kunjungan. 

Komisaris Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam Pipin Kusnadi mengatakan hal tersebut merupakan inovasi yang dihadirkan oleh pihaknya untuk memudahkan wisman melakukan perjalanan mereka.

Ia menambahkan Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk menarik wisman yang datang melalui pelabuhan itu.

“Peningkatan fasilitas ini akan memberikan kenyamanan bagi wisman, tentu kami berharap akan lebih banyak wisman yang melewati Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam. Karena kami juga merupakan pelabuhan terbaik dengan area yang lebih luas,” ujar Pipin.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas shuttle bus tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang yang melewati Pelabuhan Internasional Sekupang Kota Batam.

“Ke depan ada banyak rencana pengembangan pelabuhan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan,” ujar Pipin.

DD