Batam Wonder Food Ramadan #5 Resmi Dibuka

batampos – Pemerintah Kota Batam resmi membuka Batam Wonder Food Ramadan tahun ini. Pelaksanan bazar kuliner khas ramadan ini dipusatkan di Taman Dang Anom, Batam Center.

Batam Wonder Food Ramadan diramaikan kehadiran, stand bazar, yang akan menjajakan menu berbuka puasa atau takjil bagi warga Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, bazar Ramadan ini menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM selama bulan puasa.

”Ini peluang usaha dan bisnis yang difasilitasi oleh pemerintah. Seperti diketahui selama bulan puasa, pasti selalu ada menu takjil yang selalu diburu. Jadi salah satunya kita pusatkan di sini (Dang Anom, red),” kata Ardi.

Selama bazar Ramadan akan ada perputaran uang yang akan terjadi di lokasi bazar Ramadan. Peluang ini juga merupakan tantangan bagi pelaku UMKM dalam menyajikan menu yang bisa menarik pembeli.

”Ada banyak pilihan menu takjil, ada juga jajanan kampung yang khas dan bisa menggugah selera pengunjung,” ujarnya.

Selain berburu takjil atau menu buka puasa di Wonder Food Ramadan, tahun ini juga ada zakat corner atau pojok zakat. Sehingga pengunjung yang ingin membayarkan zakatnya, bisa di lokasi Wonder Food Ramadan di Dang Anom ini.

”Ini adalah terobosan baru untuk Wonder Food and Art Ramadan. Jadi walaupun berburu kuliner, pengunjung juga bisa menunaikan kewajiban mereka melalui pojok zakat ini,” ungkapnya.

Ardi menambahkan, di Wonder Food Ramadan juga akan memamerkan beberapa koleksi peninggalan Nabi Muhammad S.A.W di lokasi bazar ini.

”Insya Allah puasa kelima sudah bisa dipamerkan. Pengunjung bisa berwisata religi dan sejarah juga di sini. Kami sangat antusias bahwa Wonder Food Ramadan kali ini akan lebih meriah, dan beragam,” ungkap Ardi.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, kegiatan Wonder Food and Art Ramadan akan menggerakkan perekonomian di Batam, selama bulan puasa.

”Mudah-mudahan dagangan semua bapak ini habis terjual. Tahun lalu pertumbuhan ekonomi 7,04 persen, semoga tahun ini bisa lebih meningkat lagi,” sebutnya.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf RI, Vinsensius Jemadu menyampaikan, Wonder Food Ramanda and Art masuk dalam kharisma Event Nusantara Kemenparekraf tahun ini.

Kegiatan ini sangat positif dan bisa menggerak perekonomian. Tidak saja itu event ini dikonsep ada nilai seninya. Event yang menarik bagi masyarakat, sehingga layak masuk dalam karisma event Nusantara.

”Ini adalah prestasi bagi Batam untuk terus berkembang,” sebutnya.

Penyelenggaraan event ini juga diharapkan bisa menarik pengunjung mancanegara datang, dan berbelanja serta meramaikan bazar Wonder Food and Art Ramadan ini.

”Batam penyumbang 25 persen wisman bagi angka kunjungan di Indonesia. Semoga ke depan event ini semakin memajukan sektor wisata di Batam,” tutupnya. (*)