Bazar Batam Wonderfood & Art Ramadakan Padukan Kuliner, Lomba dan Atraksi

SUDUTBATAM.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar event bazar spektakuler, Batam Wonderfood and Art Ramadhan untuk memeriahkan bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024.

Event yang memadukan Aneka sajian kuliner, berbagai perlombaan dan Atraksi tersebut, digadang menjadi acara tahunan untuk membangkitkan semangat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam.

Event ini merupakan tahun kelima digelar sejak 2020 lalu. Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, menyampaikan bahwa gelaran BWR&A tahun ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenpar RI) karena event ini sebagai salah satu event unggulan yang terpilih masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Alhamdulillah, sejak dilaksanakan pertama kalinya di tahun 2020 lalu secara terus-menerus, pada tahun ini Batam Wonderfood and Art Ramadhan ditetapkan sebagai satu dari 110 event unggulan seluruh Indonesia yang masuk dalam KEN 2024,” ujar Ardi.

KSM dan Batam Wonderfood & Art Ramadhan Digadang Jadi Magnet Wisatawan Masih tetap dengan mengusung tema lama “Jom Balek Kampong,” Batam Wonderfood and Art Ramadhan akan digelar selama kurang lebih satu bulan sepanjang Ramadan. Pembukaannya dilaksanakan pada Sabtu, 9 Maret 2024 mendatang hingga Sabtu, 30 Maret 2024.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 kali ini akan berlangsung di dua lokasi, yakni di Taman Dang Anom Batam sebagaimana lokasi pelaksanaan tahun sebelumnya, serta di Pollux Habibie Batam.

“Dengan dilaksanakannya di dua lokasi berbeda, Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam serta memberikan kesempatan para UMKM Kota Batam menjajakan produknya khusunya kuliner,” sebut Ardi di ruang kerjanya.

Tak hanya menawarkan pilihan ragam kuliner khas Melayu hingga kekinian, pengunjung Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 juga akan disuguhi dengan berbagai atraksi bernuansa islami dan lomba yang menarik setiap harinya.

“Di antaranya Pekan Ramadan Batam International Islamic Expo; Khataman Alquran; Musik Religi; Tarian; Mendongeng; Traktir Sahabat Yatim; Membatik; dan PKK Got Talent,” tambah Ardi lagi. Event Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 ini juga sebagai upaya mendukung program Visit Batam Indonesia 2024 (VBI 2024) agar dapat mencapai target jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menargetkan jumlah angka kunjungan wisatawan sebanyak 2 juta kunjungan pada tahun 2024 ini.

“Selain itu, event ini diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi pilihan selama liburan di Batam pada bulan Ramadan.

Perputaran ekonomi juga lebih meningkat melalui kegiatan ini,” imbuhnya. Bagi pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadhan yang ingin menunaikan ibadah salat Maghrib, Isya dan tarawih, panitia juga telah menyiapkan musala dan sarana air bersih untuk berwudu di lokasi. “Ayo, masyarakat Batam sekitarnya, ajak keluarga, teman dan rekan kerja berbuka puasa di Taman Dang Anom.

Banyak pilihan menu kuliner untuk berbuka, tempatnya juga dilengkapi spot-spot foto yang menarik untuk diabadikan sambil disuguhi atraksi menarik dan ibadah pun tidak terganggu,” tutupnya.***