๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐ข ๐๐ž๐ฅ๐š๐ญ๐ข๐ก๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฐ๐ข๐ซ๐š๐ฎs๐š๐ก๐š๐š๐ง ๐ƒ๐ข๐ก๐š๐ซ๐š๐ฉ๐ค๐š๐ง ๐“๐ž๐ซ๐œ๐ข๐ฉ๐ญ๐š ๐–๐ข๐ซ๐š๐ฎ๐ฌ๐š๐ก๐š ๐Œ๐ฎ๐๐š ๐˜๐š๐ง๐  ๐‡๐š๐ง๐๐š๐ฅ ๐ƒ๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐๐š๐ฒ๐š ๐’๐š๐ข๐ง๐ 

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Dalam rangka mendukung pertumbuhan dan membangkitkan jiwa wirausaha serta melahirkan para wirausaha muda yang inovatif dan berdaya saing, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Angkatan 8  di Pacific Palace Hotel, Kamis (26/10/2023).

Secara resmi pelatihan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. Harapannya, melalui pelatihan ini dapat menciptakan wirausaha muda yang handal dan berdaya saing sesuai tema yang diusung.

โ€œSaya atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yang sudah menyelenggarakan pelatihan ini. Semoga peserta dapat menyerap kiat-kiat yang diberikan oleh narasumber nanti,โ€ papar Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dipaparkannya bahwa pembangunan yang dilakukan Pemko Batam bertujuan untuk mencapai visi mewujudkan Batam Bandar Madani, Modern dan Sejahtera. Batam bukan merupakan daerah penghasil. Sehingga Batam dibangun bagai daerah alih kapal, industri, perdagangan dan pariwisata.

โ€œAkses sudah dibangun oleh pemerintah dengan membangun infrastruktur jalan. Dengan akses yang dibangun ini dapat menarik investor untuk berinvestasi dan wisatawan baik mancanegara dan domestik berkunjung ke Kota Batam. Bapak Wali Kota Batam berharap masyarakat dapat mengambil manfaat dari pembangunan yang dilakukan pemerintah ini,โ€ paparnya.

Berani maju dan menghadapi tantangan dan fokus pada satu usaha. Untuk memajukan usaha bisa berkolaborasi diantara sesama pelaku usaha. Selanjutnya dapat memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk memasarkan produk yang dihasilkan.

โ€œJangan takut gagal Bapak/Ibu dalam berusaha. Harus percaya diri dengan produk yang dihasilkan. Lengkapi administrasi produk yang dihasilkan seperti tercatat di BPOM, sertifikat halal, dan harus higienis. Yang paling penting adalah sebagai pelaku usaha Kita harus punya visi dan misi dan jelas, agar Kita sukses menjadi entrepreneurship,โ€ pesannya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan kegiatan ini bertujuan

Agar pelaku usaha yang berminat dalam entrepreneur baik yang sudah melaksanakan usaha atau pemula dapat meningkatkan usahanya secara eksplisit. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari dengan peserta berjumlah 60 orang.(*)