Pelari Medan Dan Aceh Juarai Batam 10 K Katagori Umum

Disbudpar Batam- Ongki dari Medan dan Ina Lidia dari Aceh berhasil meraih juara satu kategori Umum Putra Putri lomba lari bertajuk Batam 10K, yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, dengan lokasi start dan finish di Santika Hotel Batam, Minggu (23/7/2023).

Walikota Batam, Muhammad Rudi bersama Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Marlin Agustina Rudi, ketua DPRD Kota Batam, Kepala Kejaksaan Negeri Batam, perwakilan Lanal Batam dan Kodim 0316 Batam menyerahkan hadiah kepda para pemenang untuk kategori umum.

Rudi mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta Batam 10K. Ia berharap mudah-mudahan Batam akan dikenang terus lewat Batam 10 K dimana kegiatan ini sebelum Covid tetap dilaksanakan.

Selanjutnya Orang nomor satu di Batam ini berpesan, jalan ini milik kita bersama, ada lalu lintas lainnya selain peserta, hati-hati, jangan menggunakan ruas jalan yang bukan dipergunakan untuk 10 K pada pagi hari ini supaya tidak terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan.

“Dalam dua dan tiga tahun kedepan jalan-jalan di Kota Batam sudah akan selesai semua, sehingga bebas dan mudah melaksanakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Rudi juga mengucapkan terima kasih banyak khususnya kepada peserta mancanegara yang ikut ambil
bagian pada Batam 10K ini.

“Salam buat negaranya, bapak lagi bangun, silahkan untuk berkunjung ke Kota Batam,” terangnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan olahraga berbalut pariwisata (sport tourism) tersebut digelar ketika Kota Batam baru beranjak dari persoalan pandemi Covid-19. Tahun 2023 ini kegiatan Batam 10K diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah, mulai dari Aceh, Medan, Tanjungpinang, Batam, dan sebagainya.

“Dari mancanegara mulai dari Singapura, Malaysia, India, Skotlandia, dan banyak lagi,” ucapnya.

Ardi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang telah mendukung kegiatan ini.

Melalui sebuah video, Menparekraf, Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada Pemko Batam melalui Disbudpar Kota Batam atas inovasi, kolaborasi dan adaptasi dalam menyelenggarakan kegiatan Batam 10K yang merupakan event lari maraton berstandar internasional sejauh 10 K yang diselenggarakan secara tahunan oleh Disbudpar Kota Batam. Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan serta naiknya angka kunjungan wisatawan ke Batam merupakan beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari sebuah penyelenggaraan event sport.

“Saya harap kegiatan ini dapat menjadi penggerak pemulihan ekonomi nasional melalui sektor Parekraf,” ucapnya.

Berikut ini nama-nama pemenang Batam 10 K. Katagori Umum Putri, sebagai juara pertama diraih Ina Lidya dengan waktu 41.40 dari Aceh, juara dua diraih Vesta dari Medan dengan catatan waktu 43.05, dan juara ketiga atas nama Sira dari Tanjung Pinang drngan waktu 45.56.

Sedangkan juara satu kategori umum putra diraih pelari asal Medan atas nama Ongki dengan waktu 33.06, juara dua diraih Khairullah dari Batam dengan waktu 33.19, juara tiga nomor 0009 dengan catatan waktu 33.27, dan juara harapan nomor dada 0161, dengan catatan waktu 34.43.

Masing-masing pemenang kategori umum mendapatkan hadiah uang tunai Rp 5 juta dan medali untuk juara satu, juara dua mendapat uang tunai Rp 4 juta dan medali, juara tiga uang tunai Rp 3 juta dan medali serta mendapat uang tunai Rp 2 juta dan medali untuk juara harapan.

Hadiah semi lansia 35-50 tahun, Juara satu mendapat uang tunai 1,5 juta dan medali, Juara dua uang tunai 1,250 juta dan medali dan Juara tiga uang tunai 1 juta dan medali.

Hadiah katagori pelajar, Juara satu mendapat uang tunai 1,5 juta dan medali, Juara dua uang tunai 1.250 juta dan medali dan Juara tiga uang tunai 1 juta dan medali.

Grand Prize berupa satu buah sepeda motor listrik diraih Imam Munandar warga perumahan Oriana, Batam dan hadiah sepeda diraih Wahid Nur Alfirahman dari Tanjung Pinang.

Selain lomba lari 10 kilometer, event Batam 10 K ini juga dimeriahkan dengan senam zumba bersama Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Marlin Agustina Rudi dan penampilan marching band Bahana Barelang Batam binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam.