1.100 Wisman Singapura Beriwisata ke Museum Batam

• Tan Soon Kaget Dengan Sambutan Disbudpar

Disbudpar Batam – Sebanyak 1.100 wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura berwisata ke Museum Batam Raja Ali Haji, Batam Centre, Sabtu (24/6/2023).

Sebelum ke Museum Batam Raja Ali Haji, ribuan wisatawan itu disambut dengan suguhan atraksi drumband Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam di Dataran Engku Putri.

Salah seorang wisman, Tan Soon Choon, mengaku kaget dengan sambutan meriah dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam. Bahkan, ia merasa sangat tersentuh dengan sambutan hangat untuk dirinya dan ribuan rombongan lain saat tiba di kawasan Dataran Engku Putri.

“Batam enak untuk travel, beberapa kali saya sudah ke Batam,” ujarnya dalam bahasa Mandarin.

Tan Soon bersama rombongan akan berwisata ke sejumlah tempat selama 2 hari ke depan. Ia mengaku senang dengan keramahan orang Batam.

“Di Batam orangnya sangat friendly, Sambutan yang diberikan tadi juga meriah,” katanya.

Usai menyaksikan atraksi marching band, Tan Soon Choon bersama rombongan lain menuju ke Museum Batam Raja Ali Haji. Kekaguman dirinya makin bertambah dengan banyaknya koleksi yang ditampilkan di museum tersebut.

“Saya sangat senang museum Batam, dan saya melihat sejarah perjalanan Batam di museum ini,” ujar pria 72 tahun tersebut.

Kehadiran ribuan wisman Singapura tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

“Welcome to Batam, and enjoy,” sapa Ardi kepada wisman tersebut.

Ardi mengaku Batam memang menjadi primadona wisman. Bahkan, Batam pernah menjadi daerah kedua menyumbang wisman terbanyak ke Indonesia setelah Bali.

“Batam di bawah pimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, fokus membangkitkan sektor pariwisata. Bahkan beberapa infrastruktur hingga destinasi wisata dibangun, termasuk Museum Batam Raja Ali Haji,” katanya.

Ia mengaku, Museum Batam Raja Ali Haji, kini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan. Tak hanya mancanegara, wisatawan nusantara juga mengunjungi museum tersebut.

“Hari ini, sebelum kunjungan wisman Singapura, kami juga menyambut wisman dari Malaysia dan juga ada adik-adik mahasiswa yang berkunjung,” katanya.