185 Peserta Ikuti Seleksi BBDC

Disbudpar Batam- Sebanyak 185 peserta mengikuti seleksi Marching Band tahun 2020 yang digelar oleh Bahana Barelang Drum Corps (BBDC), bertempat di Dataran Engku Putri, Sabtu (1/12). Peserta yang lolos nantinya akan mengisi kegiatan pariwisata di Kota Batam.

Kepala Seksi Fasilitasi Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Zikin mengatakan 185 peserta tersebut berasal dari siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Persertanya kita mulai dari SMP kelas 1 sampai 2 , dan SMA Kelas 1 sampai 2,” katanya.

Zikin menjelaskan anggota yang sudah lulus tingkat SMP dapat kembali menjadi anggota BBDC hingga kelas 2 SMA.
“Alumni SMP silahkan masuk lagi sampai 1-2 SMA,” ujarnya.

Ia menyampaikan seleksi ini setiap tahun digelar sehingga anggota BBDC tetap terpenuhi. Untuk tahun 2020 ini seleksi angkatan ke-26.
“Setiap tahun open recruitment karena banyak yang keluar kalau tak diisi bakal kosong,” terangnya.

Setelah tahap pendaftaran, peserta memasuki tahap technical meeting yakni pengenalan alat, melihat bakat, kekuatan fisik dan mental. Selanjutnya tahap terakhir ditetapkan menjadi anggota BBDC. “Tahap seleksi ini diperkirakan selesai pertengahan Januari,” ucapnya.

Setelah menjadi anggota, siswa akan rutin mengikuti latihan marching band. Latihan yang dipusatkan di Dataran Engku Putri ini dilakukan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 16.00 WIB-20.00 WIB sedangkan hari Minggu latihan dimulai pada pukul 13.00 WIB-20.00 WIB.

“Untuk acara setiap H-10 acara kita sudah fokus latihan setiap hari dimulai pukul 16.00 WIB-20.00 WIB,” katanya.

Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan anggota BBDC yang lulus seleksi ini kedepannya juga akan diikutsertakan meramaikan kegiatan pariwisata Pemerintah Kota (Pemko) Batam, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Batam dan Provinsi Kepri. Kemudian Peringatan HUT Republik Indonesia, Hari Jadi Batam (HJB), Jambore PKK Kota Batam, Pawai Budaya dan kegiatan hari-hari besar nasional lainnya.

“Untuk 2020, event terdekat adalah MTQ tingkat Kota di bulan Maret, MTQ tingkat Provinsi sebelum akhir Bulan Maret atau awal Bulan April,” sebutnya.

Diluar kegiatan pariwisata Pemko Batam, BBDC mengikuti perlombaan seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Batam Open.

“Di Batam Open 2019 yang digelar Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) tim BBDC kita meraih juara umum. Dan diajang Indonesia Marching Arts Championship (IMAC) 2019 BBDC kembali berhasil meraih juara di empat kategori lomba yang diikuti, yakni juara 1 music sport, juara 2 marching show world class, juara 2 colour guard (CG) contest international class, serta juara 4 drum battle international class,” pungkasnya

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up